Jumat 12 May 2017 17:12 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Banyumas Cenderung Fluktuatif

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kebutuhan Pokok
Foto: Republika/Prayogi
Kebutuhan Pokok

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Mendekati bulan Ramadhan harga kebutuhan masyarakat di wilayah Banyumas dan sekitarnya cenderung fluktutif. Beberapa harga  jenis sayuran cenderung turun sementara beberapa komoditi seperti bawang putih, bawang merah, telur dan daging ayam cenderung tinggi.

Dari pemantauan di Pasar Manis Kota Purwokerto, harga bawang putih masih bertahan pada kisaran harga Rp 62 ribu hingga Rp 65 ribu per kg. ''Bawang putih yang besar-besar dan bagus Rp 65 ribu, sedangkan yang biasa Rp 62 ribu,'' jelas Kuntarti (38), salah seorang pedagang di pasar tersebut, Jumat (12/5).

Sementara harga yang terpantau bertahan tinggi, daging sapi, ayam potong, dan telur. Untuk daging ayam potong, ada kecenderungan terjadi perbedaan harga antara penjual di satu pasar dengan pasar tradisional lainnya.

Seperti di Pasar Manis Purwokerto, harga daging ayam potong justru mengalami kenaikan. Dari yang semula Rp 32 ribu, saat ini mengalami kenaikan menjadi Rp 34 ribu. Namun di Pasar Wage di kota yang sama, harga ayam potong justru turun dari Rp 32 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg.

Demikian juga dengan telur ayam ras. Harga komoditi ini, di beberapa pasar tradisional juga relatif stabil di kisaran harga Rp 19 ribu - Rp 20 ribu per kg. ''Harga telur sampai sekarang masih stabil. Biasanya nanti, mulai pertengahan puasa akan naik lagi,'' kata pedagang lainnya, Nasiroh.

Sedangkan untuk harga daging sapi, di beberapa los penjual daging baik di Pasar Wage maupun Pasar Manis, masih bertahan di tingkat harga Rp 120 ribu per kilogram. Beberapa pengunjung mengkawatirkan harga daging sapi mengalami kenaikan pada saat menjelang lebaran, karena harga saat ini sudah sangat tinggi.

''Kalau tidak ada tindakan dari pemerintah, harga daging sapi menjelang lebaran pasti bisa meroket. Mungkin bisa sampai Rp 50 ribu per kg,'' kata Eviyanti, warga perumahan Tanjung Elok Kota Purwokerto.

Sedangkan komoditas yang mengalami pernurunan justru dari jenis sayur-sayuran, bawang merah dan cabai. Meski tidak banyak, harga berbagai jenis sayuran seperti timun, wortel, dan tomat, cenderung turun di kisaran Rp 1.000-Rp 2.000 per kg. Demikian juga dengan bawang merah itu turun dari Rp 30 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram, cabai merah keriting sejak sebulan lalu stabil di harga Rp 35 ribu per kg.

''Penurunan harga sayuran kemungkinan karena curah hujan saat ini sudah mulai berkurang. Berbagai jenis sayuran yang sebelumnya banyak terkena penyakit akibat curah hujan yang tinggi, saat ini sudah mulai berproduksi normal,'' kata Martono, pedagang sayuran di Pasar Wage.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement