Senin 08 May 2017 17:23 WIB

Kemenangan Macron Bawa IHSG Kembali ke Level 5.700

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nidia Zuraya
Pekerja melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pekerja melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya kembali ke level 5.700, setelah sempat keluar dari zona tersebut akibat aksi ambil untung. Pada penutupan perdagangan Senin (8/5), IHSG ditutup menguat 24 poin atau 0,43 persen.

''Investor merespon positif kemenangan Emmanuel Macron melawan Marine Le Pen pada Pemilu Presiden Perancis putaran kedua pada hari pekan kemarin,'' ucap Analis NH Korindo Sekuritas Bima Setiaji, saat dihubungi, Senin (8/5).

Menurut dia, dengan kemenangan Macron yang merupakan tokoh sentral (tengah), maka diharapkan Perancis tidak mengikuti Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Selain itu, harga CPO Malaysia juga kembali naik menuju 2,674 ringgit Malaysia yang terlihat adanya sentimen positif menjelang bulan puasa dan Idul Fitri di Indonesia dan Malaysia.

''Hal ini berpotensi sentimen positif jangka pendek untuk sektor CPO hari ini,'' jelas Bima.

Disisi lain, lanjut Bima, pemerintah Cina masih akan menjaga harga batubara di rentang 72 dolar AS hingga 82 dolar AS, serta mulai meningkatkan persediaan cadangan batubara dengan cara impor untuk menghadapi musim dingin di akhir 2017. Ada sentimen positif untuk sektor batubara hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement