Ahad 07 May 2017 17:00 WIB

Bank Mandiri akan Terbitkan Obligasi tanpa Bunga

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nur Aini
Pekerja melakukan aktifitas dikantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin (19/10).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pekerja melakukan aktifitas dikantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin (19/10).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Bank Mandiri Tbk berinisiatif menerbitkan obligasi tanpa kupon atau bunga (zero coupon bond) sebagai bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) I Tahap II 2017. Perseroan pun menyatakan diri sebagai bank pertama di Indonesia yang menerbitkan obligasi tanpa kupon.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, penerbitan obligasi bertujuan untuk memperkuat struktur pendanaan bank dan ekspansi kredit perusahaan, khususnya dalam mendukung ketersediaan infrastruktur nasional. Tahun lalu, perseroan telah menerbitkan obligasi sebesar Rp 5 triliun melalui Penawaran umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap I. “Hasil dari penerbitan obligasi ini akan memberikan ruang ekspansi yang semakin besar bagi perseroan,” ujar Rohan, melalui siaran pers, Ahad (7/5).

Paparan publik atas rencana penerbitan obligasi berkelanjutan I ini akan dilakukan Bank Mandiri pada Senin (8/5) di Jakarta. Dalam penerbitan ini, perseroan telah menunjuk lima perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Danareksa Sekuritas.

Rohan menjelaskan, obligasi berkelanjutan I tahap II ini akan diterbitkan dalam dua jenis instrumen yaitu obligasi dengan kupon dan tanpa kupon. Untuk obligasi tanpa kupon, akan diterbitkan dengan tenor tiga tahun. Sementara, obligasi dengan kupon Seri A akan memiliki tenor lima tahun, Seri B memiliki tenor tujuh tahun, dan seri C bertenor 10 tahun. Rencananya, penawaran awal obligasi berkelanjutan I tahap II ini akan dimulai pada 5-22 Mei 2017. Dengan Penawaran Umum diperkirakan pada 9-12 Juni 2017.

Obligasi tanpa kupon merupakan obligasi yang tidak memberikan pembayaran bunga secara berkala. Nantinya, pemegang obligasi berhak untuk menerima pembayaran secara penuh pada saat telah ditentukan masa jatuh tempo obligasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement