Sabtu 06 May 2017 13:32 WIB

Gubernur Ingin Konversi Bank NTB Jadi Acuan Bank Lain

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Bank NTB
Foto: www.bankntb.co.id
Bank NTB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi berharap konversi BPD NTB (Bank NTB) menjadi bank syariah dapat menjadi acuan bagi bank lain yang juga akan melakukan hal serupa.

Ditemui usai menghadiri Rembuk Republik di Kementerian Pariwisata pekan ini, pria yang kerap disapa Tuan Guru Bajang itu mengatakan tujuan Bank NTB dikonversi tidak hanya mengubah Bank NTB jadi bank syariah, tapi menjadikan prosesnya sebagai acuan.

''Semua proses akan didokumentasikan sehingga jadi acuan kalau ada bank konven mau konversi,'' kata Tuan Guru Bajang kepada Republika.

Ia berharap semoga pertengahan tahun depan Bank NTB Syariah sudah merampungkan proses konversi. Saat ini, proses konversi sedang berjalan dan rencana kerja berjalan sesuai rencana. Konsultan Bank Pembangunan Islam (IDB) dan konsultan nasional sedang bekerja di area masing-masing agar tujuan konversi ini tercapai. 

Soal tambahan, Tuan Guru Bajang mengatakan itu pasti dilakukan. Tapi ia belum tahu akan berapa besar.

Sebelumnya, sejak 2015 lalu Bank NTB telah merencanakan konversi menjadi bank syariah. Pada 2016 ini, BPD Aceh (Bank Aceh) sudah lebih dulu melakukan konversi menjadi bank syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement