Jumat 28 Apr 2017 14:32 WIB

Long Weekend, DAOP 2 Bandung Jalankan KA Tambahan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari
Penumpang menaiki gerbong kereta api pembangkit argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta berbahan bakar Liqufied Natural Gas (LNG), di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Selasa (20/12).
Foto: Mahmud Muhyidin
Penumpang menaiki gerbong kereta api pembangkit argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta berbahan bakar Liqufied Natural Gas (LNG), di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Selasa (20/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT KAI Daop 2 Bandung  kembali menjalankan KA Tambahan Argo Parahyangan relasi Bandung-Jakarta (PP)  dan KA Ciremai Tambahan  Relasi Bandung–Semarang Tawang (PP). Menurut Manager Humas PT KAI Daop 2 BD, Joni Martinus, PT KAI mengoperasikan kereta tambahan, karena tingginya permintaan Masyarakat terhadap  moda  angkutan Kereta Api  saat  menghadapi liburan panjang di Hari Buruh Internasional yang akan jatuh pada 1 Mei 2017.

“Ya, untuk memenuhi permintaan pelanggan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat , Kami kembali menjalankan KA tambahan Argo parahyangan dan KA Ciremai tambahan," ujar Joni kepada wartawan, Jumat (28/4).

Menurut Joni, jadwal Keberangkatan KA Tambahan Argo Parahyangan keberangkatan dari Bandung tujuan Jakarta yaitu di hari jumat tanggal 28 April 2017 dengan nomor KA 10045  pada pukul 22.30, Sabtu 29 April 2017  dengan nomor KA 10107 berangkat dari stasiun  Bandung pada pukul 11.00 , Ahad 30 April 2017 dengan nomor KA 10045 berangkat dari stasiun  Bandung pada pukul 22.30 , Senin 1 mei 2017 dengan nomor KA 10107 berangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 11.00 WIB.  

Joni mengatakan, fasilitas KA Argo Parahyangan yang disediakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksekutif dengan tarif (Rp 100 ribu hingga Rp 125 ribu)  dan  kelas ekonomi (Rp 80 ribu). Kapasitas tempat duduk yang tersedia 400 tempat duduk sampai dengan 520 tempat duduk.

Selain menjalankan  KA Argo Parahyangan tambahan, kata dia, PT KA juga mengoperasikan KA Ciremai tambahan yang dijalankan  pada Sabtu 29 April 2017  relasi Bandung-Semarang dengan nomor KA 10157. Yakni, berangkat dari Stasiun Bandung pada Pukul 18.25 WIB.

Fasilitas KA Ciremai yang sediakan adalah dua kelas yaitu kelas eksekutif dengan tarif Rp 260 ribu  tujuan Semarang  dan Rp 160 ribu untuk tujuan Cirebon. Sedangkan kelas ekonomi dengan tarif Rp 130 ribu  untuk tujuan Semarang dan Rp 80 ribu  untuk tujuan Cirebon, dengan kapasitas total 468 tempat duduk.

"Kami berharap dengan dioperasikannya kereta tambahan ini akan semakin menarik animo masyarakat untuk tetap  memilih kereta api sebagai pilihan utama menikmati perjalanan selama liburan panjang," katanya.

Kereta api, kata dia, merupakan salah satu transportasi favorit masyarakat Indonesia untuk berlibur.  Selain harga yang relatif lebih murah ketimbang transportasi lainnya,  juga perjalanan dengan kereta api juga relatif lebih nyaman dan aman, terbebas dari masalah kemacetan.

Masyarakat, kata dia, bisa segera memesan atau membeli tiket KA tambahan tersebut di loket–loket stasiun, website resmi KAI seperti aplikasi KAI Access pada ponsel , website tiket.kereta-api.co.id,  kontak center  KAI 121, mesin e-kiosk, juga pembelian tiket dapat dilakukan di minimarket,  kantor pos,  serta  channel eksternal resmi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement