Jumat 17 Mar 2017 03:24 WIB

GarudaFood Fokus Kembangkan Pembangunan Sekolah Berwawasan dan Berbudaya Lingkungan

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Eka Edhiono Factory Manager GarudaFood (ke-3 dari kiri) didampingi  M. Ikhsan perwakilan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pati (paling kiri,berbatik coklat) dan Herawati Neko Rahayu Kepala Sekolah SD Pati Lor 1-Jawa Tengah (berkerudung coklat), bersama par
Foto: Dok: GarudaFood
Eka Edhiono Factory Manager GarudaFood (ke-3 dari kiri) didampingi M. Ikhsan perwakilan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pati (paling kiri,berbatik coklat) dan Herawati Neko Rahayu Kepala Sekolah SD Pati Lor 1-Jawa Tengah (berkerudung coklat), bersama par

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini potret lingkungan di Indonesia kian memperihatinkan. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat pada 2015 terjadi lebih dari 300 kasus lingkungan hidup seperti kebakaran hutan dan pencemaran lingkungan yang berdampak pada penurunan Index Kualitas Lingkungan Hidup yakni pada 2015 sebesar 63 persen.

Melihat pentingnya hal tersebut, GarudaFood berencana melakukan pembangunan sekolah berwawasan & berbudaya lingkungan salah satunya di SD Pati Lor 1 Jawa Tengah melalui program Sahabat Inspirasiku yang fokus pada bidang pendidikan dan lingkungan. Factory Manager GarudaFood, Eka Edhiono, mengatakan dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat melahirkan sekolah-sekolah berwawasan dan berbudaya lingkungan berstatus Adiwiyata di kota Pati.

"Kami ingin menanamkan kecintaan pada lingkungan hidup sebagai sikap dasar siswa-siswi agar menjadi kebiasaan yang melekat di diri mereka dan menjadi individu yag bertanggungjawab terhadap lingkungan, seperti hemat energi, membuang sampah pada tempatnya, melakukan 4R (reuse, reduce, recycle, replant), komposting dan selalu menjaga lingkungan sekolahnya agar tetap bersih," ujarnya dalam keterangan tulis, Jakarta.

 

Adiwiyata merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan. Sekolah tersebut mampu mendidik siswa-siswi dan warga sekolah lainnya menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik.

Penilaian Adiwiyata didasarkan kepada empat kriteria. Yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Penandatangan kerjasama antara GarudaFood dengan SD Pati Lor 1 Jawa Tengah dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) diwakili oleh Eka Edhiono Factory Manager GarudaFood, M. Ikhsan Perwakilan BLH Kabupaten Pati dan Herawati Neko Rahayu Kepala Sekolah SD Pati Lor 1-Jawa Tengah bersama para siswa-siswai SD Pati Lor 1-Jawa Tengah pada Kamis (16/3) di SD Pati Lor 1-Jawa Tengah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement