Senin 13 Mar 2017 18:06 WIB

Unit Link Wana Artha Life Raih Empat Penghargaan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Wana Artha Life mendapatkan empat penghargaan dari Info Bank.
Foto: ist
Wana Artha Life mendapatkan empat penghargaan dari Info Bank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WanaArtha Life meraih penghargaan dari Infobank Unit Link Award 2017 untuk empat kategori. Empat kategori tersebut yakni WAL Equity Fund Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Saham tahun 2012-2016, dan WAL Equity Fund Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Saham tahun 2016. Selain itu, ada juga penghargaan untuk WAaL Equity Fund Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Saham tahun 2014-2016, dan WAL Balanced Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Campuran tahun 2014-2016.

AVP Corporate Communication PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha Mahal Mark Rivero mengatakan, penghargaan yang didapatkan oleh WanaArtha Life ini menunjukkan eksistensinya sebagai perusahaan asuransi yang dapat diperhitungkan dalam dunia industri asuransi Indonesia. Terdapat dua indikator yang digunakan dalam metode pemeringkatan unit link berdasarkan kinerja investasi.

Pertama, total return menunjukkan pencapaian hasil pengelolaan atas portofolio investasi unit link yang mampu diberikan oleh suatu perusahaan asuransi selama periode tertentu, yang terlihat dari perubahan harga produk unit link sejak periode awal hingga akhir pengamatan. Kedua, modified share ratio merupakan modifikasi terhadap metode share ratio yang menilai tingkat optimalitas kerja investasi dari sisi imbal hasil dan risiko fluktuasi harga.

"Tingkat fluktuasi harga tercermin pada standar deviasi yang mencerminkan besarnya penyimpangan terhadap nilai rata-rata kinerja historis suatu produk unit link selama periode pengamatan," ujar Mahal dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (13/3).

WAL Equity Fund milik WanaArtha Life menjadi satu-satunya produk unit link dengan return terbesar dari semua jenis kelas dan tenor investasi yakni diatas 100 persen. WanaArtha Life dianggap mampu menghadirkan produk unit link yang benar-benar memenuhi kebutuhan investor, khususnya investor agresif pengejar margin.

"Untuk mendapatkan margin tebal, penempatan investasi pada efek-efek yang bersifat ekuitas dengan komposisi 93 persen ekuitas, dan 7 persen cash (pasar uang)," kata Mahal.

Pada Infobank Unit Link Award 2017 ini, WAL Balanced Fund kembali menjadi yang terbaik dalam Rating 450 Unit Link 2017 untuk produk unit link jenis campuran dengan memberikan imbalan hasil paling menjanjikan untuk kinerja tiga tahun. Produk ini cocok untuk menjadi pilihan investasi bagi nasabah yang tidak terlalu agresif dalam berinvestasi, tetapi masih menginginkan imbal hasil yang sepadan.

Sejak diluncurkan pada pertengahan 2011, total dana kelolaan WAL Balance Fund mencapai Rp 9 miliar dan dialokasikan pada reksa dana campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Per Desember 2016 sebesar 61 persen dana kelolaan dialokasikan pada instrumen saham atau reksa dana saham, dan 30 persen pada instrumen pasar uang atau reksa dana pasar uang.

"Hal tersebut menjadi faktor pendukung WanaArtha Life untuk terus menghasilkan kinerja terbaik agar dapat bersaing di industri asuransi Indonesia," ujar Mahal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement