Senin 13 Mar 2017 14:54 WIB

PGN Komitmen Terus Berinovasi Salurkan Gas kepada Masyarakat

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar bersama pimpinan PGN membagikan konverter kit di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3).
Foto: pgn
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar bersama pimpinan PGN membagikan konverter kit di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Direktur Utama PT Gagas Energi Indonesia, Ahmad Cahyadi menambahkan, PGN juga melakukan berbagai inovasi dalam penyaluran gas bumi ke masyarakat, salah satunya dengan memaksimalkan keberadaan SPBG sebagai Point of Sales CNG yang akan memproses gas bumi menjadi CNG. Lalu CNG tersebut langsung dikirim ke pelanggan terutama sektor Industri dan Komersial dengan nama produk Gaslink.

Saat ini PGN memiliki 10 SPBG yang beroperasi antara lain, SPBG Ancol (KSO JUP), SPBG Batam, SPBG Bogor, SPBG Klender, SPBG Lampung, SPBG Ngagel, SPBG Pondok Ungu, SPBG Purwakarta, SPBG Kantor Pusat PGN dan SPBG Sukabumi.

Sementara untuk MRU ada lima yang beroperasi yaitu, MRU Bandung, MRU Gresik, MRU Grogol, MRU Monas dan MRU Pluit. "SPBG kami optimalkan sebagai pemasok CNG ke pelanggan. Dengan inovasi penyaluran gas bumi lebih cepat sambil menunggu pembangunan jaringan pipa gas ke pelanggan," kata Cahyadi di MRU PGN Monas, Jakarta, Senin (13/3).

5.000 Konverter Kit Gratis dibagikan Demi Penggunaan BBG

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) saat ini membangun dan mengoperasikan 80 persen infrastruktur gas bumi nasional. PGN hadir diseluruh rantai pengguna gas bumi dari hulu hingga hilir. Director of Commerce PGN, Danny Praditya mengatakan PGN dapat menghadirkan gas sesuai kebutuhan masyarakat di berbagai segmen pengguna gas.

"PGN hadir dan mendapat amanat untuk menggelola gas bumi untuk kepentingan dalam negeri. Sehingga kami terus berkomitmen memperluas infrastruktur gas bumi dan melakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi di Indonesia terutama kepada masyarakat," kata Danny.

Danny mengungkapkan, PGN memiliki Saka Energy yang menyediakan gas bumi di sektor hulu. Kemudian PGN juga mengembangkan produk gas bumi yakni Liquefied Natural Gas (LNG) yang dilakukan oleh PT PGN LNG Indonesia, penyaluran CNG melaui anak usaha PT Gagas Energi Indonesia, sampai melalui anak usaha PGN lainnya.

Danny melanjutkan, PGN juga dapat menyediakan pasokan gas bumi, listrik, pasokan bahan bakar gas untuk transportasi hingga jasa Engineering serta Procurement and Construction (EPC) hingga IT dan telekomunikasi bagi para pengguna gas atau pelanggan PGN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement