Sabtu 11 Mar 2017 18:50 WIB

Ini Kiat-Kiat Kembangkan Pemasaran Digital dari Praktisi

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Digital marketing (Ilustrasi)
Digital marketing (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Managing Director TWOMC Digital Agency Ryan Mc Clure mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan atau individu dalam mengembangkan pemasaran digital (digital marketing) mereka.

Yang pertama, kata dia,  adalah target. Setiap perusahaan harus tahu siapa yang ingin menjadi konsumennya. Lalu yang kedua, menjaga hubungan atau interaksi dengan klien atau konsumen.

Ketiga matrikulasi, yakni setelah melakukan interaksi dengan klien petakan kebutuhan mereka dan buat perencanaan yang tepat.

Setiap perusahaan kata Ryan juga harus mengenal baik perusahaannya dan produk atau jasa apa yang ditawarkan ke konsumen. Dengan begitu mereka bisa melakukan pemasaran dengan baik karena tahu apa yang mereka "jual".

Ryan mengatakan, tak perlu terpaku pada perusahaan lain. Sebab cara setiap perusahaan dalam melakukan digital marketing berbeda satu dengan lainnya. Apa yang berhasil dilakukan satu perusahaan belum tentu berhasil pada perusahaan lain. "Cari cara sendiri, dan jangan lupa untuk terus mencoba," ujar praktisi asal Kanada ini.

Ryan mengatakan, jangan lupa untuk menemukan orang terbaik sesuai kemampuan. Jika butuh desainer grafis, pekerjakan mereka yang mumpuni di bidang tersebut. Jangan kerjakan sesuatu yang tak mahir dilakukan.

Selain itu, mereka yang ingin mengembangkan digital marketing dapat memanfaatkan banyak perangkat di dunia maya. Banyak penyedia tools yang bisa dimanfaatkan untuk membantu melakukan digital marketing. "Kalian bisa gunakan Facebook Ads atau Google AdWords untuk memasarkan produk kalian," kata Ryan.

Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik pengunjung. Sebab kata Ryan, Search Engine Optimization (SEO) saat ini tak lagi bergantung pada jumlah ''klik'' atau kata kunci yang tepat.

Melainkan kini SEO dipengaruhi seberapa lama pengunjung sebuah situs bertahan di situs tersebut untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement