Kamis 09 Mar 2017 04:12 WIB

KLHK Akan Bagikan 1.000 Bibit Tanaman di Hari Hutan Internasional

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Budi Raharjo
Bibit Tanaman
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bibit Tanaman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membagikan 1.000 bibit tanaman dalam rangkaian acara perayaan Hari Hutan Internasional yang jatuh 21 Maret nanti. Bibit tersebut berupa tanaman kayu salah satunya buah yang akan diberikan kepada peserta fun run di car free day Jakarta.

"Namun masyarakat yang tidak menjadi peserta lari juga bisa mendapatkan bibit jika menginginkannya," ujar Kepala Biro Humas KLHK Djati Witjaksono Hadi kepada wartawan, Rabu (8/3).

Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Sri Murniningtyas menjelaskan, hari hutan internasional tersebut pertama kali dicetuskan pada 2011 oleh forum hutan di bawah PBB. Tujuannya adalah untuk menggabungkan pentingnya hutan bagi air, makanan dan energi.

Sayangnya, hingga 2013 belum ada negara yang melakukan gerakan atau perayaan Hari Hutan Internasional. Namun kenaikan signifikan terjadi pada tahun lalu dengan sekitar 60 negara yang berkecimpung mengkampanyekan peran hutan pada Hari Hutan Internasional. "Naiknya signifikan," ujarnya.

Ia menambahkan, pada Hari Hutan Internasional 2015, hanya 26 negara yang turut aktif, sementara pada 2014 hanya 12 negara termasuk Indonesia. Ia berharap tahun ini akan lebih banyak negara yang menggaungkan hari Hari Hutan tersebut. Sebab, dengan begitu terutama melibatkan anak-anak hingga remaja dalam rangkaian acara perayaan hari hutan, akan menumbuhkan sikap peduli penjaga lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement