Jumat 03 Mar 2017 15:40 WIB

Pelindo III Mudahkan Layanan dengan ‘Integrated Billing System’

Direktur Keuangan Pelindo III memberikan sambutan.
Foto: Dokumen
Direktur Keuangan Pelindo III memberikan sambutan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelindo III terus berinovasi untuk memberikan layanan yang memudahkan bagi pengguna jasa pelabuhannya. Kemudahan layanan tersebut dilakukan dengan mengimplementasikan sistem layanan yang terintegrasi. 

Bertempat di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, perusahaan ini lantas menggelar acara ‘Roll Out Integrated Billing System’.  IBS merupakan portal layanan jasa kepelabuhanan berbasis online dan terintegrasi dengan perbankan untuk pembayaran elektronik. 

Inisiasi program IBS dari Kementerian BUMN untuk melakukan integrasi sistem pembayaran tarif jasa kepelabuhanan Pelindo I, II, III dan IV untuk semua layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal tersebut juga untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam rangka menciptakan nilai tambah, service excellent serta pelaksanaan operasional perusahaan yang efisien, efektif dan optimal.

 Direktur Keuangan Pelindo III, U Saefudin Noer, mengatakan tujuan dibangunnya IBS guna mempermudah pengguna jasa dalam transaksi layanan jasa kepelabuhanan sehingga membuat efisiensi waktu dan biaya dalam proses pengajuan permohonan jasa kepelabuhanan, termasuk kemudahan monitoring transaksi dan respon layanan secara realtime. 

Bagi Pelindo III, program ini wujud nyata aksi go green dengan menghilangkan penggunaan kertas untuk  permohonan, pranota dan nota tagihan, serta mendukung Gerakan Nasional Non Tunai dengan meminimalkan peredaran uang secara fisik. 

“Penerapan program IBS ini akan langsung dirasakan oleh pengguna jasa karena proses transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun,” kata dia, dalam siaran pers, Jumat (3/3).

Menurut dia, keberhasilan penerapan IBS sangat didukung dengan fungsi dasar sistem yang dibagi menjadi enam pilar yang menjadi standarnya. Keenam pilar tersebut di antaranya e-Registration, e-Booking, e-Tracking, e-Payment, Billing dan e-Care. 

Untuk mendukung implementasi IBS dan memastikan fleksibilitas dan kecepatan dalam pembayaran layanan yang diberikan terjaga, Pelindo telah melakukan kerja sama dengan empat bank yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Jatim. Selain itu, kerja sama dengan Bank BCA, Bukopin dan CIMB Niaga yang saat ini sedang berlangsung juga akan segera terealisasi.

Ditambahkan, Pelindo III sudah mengimplementasikan single portal IBS pada November 2016 lalu bebarengan dengan Inaportnet di Cabang Tanjung Perak. “Dengan kesuksesan implementasi IBS di Pelabuhan Tanjung Perak, manajemen Pelindo III akan melakukan roll out IBS ke seluruh cabang pada 2017 ini,” ujar Saefudin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement