Rabu 15 Feb 2017 05:18 WIB

Pertamina Jaring Ide Gila Masyarakat Surabaya tentang Energi

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Badan Energi Terbarukan Australia (ARENA) mengatakan pembangunan 12 pembangkit listrik tenaga matahari baru di Australia akan meningkatkan kemampuan nasional Australia dalam memproduksi listrik skala besar.
Foto: abc
Badan Energi Terbarukan Australia (ARENA) mengatakan pembangunan 12 pembangkit listrik tenaga matahari baru di Australia akan meningkatkan kemampuan nasional Australia dalam memproduksi listrik skala besar.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Pertamina menggelar roadshow program Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 di Gedung Pusat Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Selasa (14/2). Sebelumnya, roadshow yang sama digelar di Bandung dan Makassar.

Kegiatan ini diharapkan mampu menggalang partisipasi dan antusiasme masyarakat untuk menciptakan berbagai inovasi bisnis dan teknologi berbasis energi baru dan terbarukan melalui ajang Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017.

Dalam sambutannya, GM Pertamina MOR V Ageng Giriyono mengatakan PT Pertamina (Persero) mendukung upaya pengembangan serta pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Salah satunya dengan menggalang partisipasi masyarakat dalam diversifikasi dan konservasi energi melalui ajang Pertamina Ide Gila Energy Competition tersebut.

Menurut Ageng, pengembangan energi baru dan terbarukan yang aman dan bersih di Indonesia sangat mungkin dilakukan. Sebab, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah. Biofuel, tenaga angin, air dan sinar matahari yang bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Keberadaan sumber daya tersebut juga sangat mudah ditemui di berbagai pelosok negeri. “Partisipasi masyarakat adalah salah satu kunci untuk mengubah berbagai potensi yang akan menjadi kekuatan kita di masa depan,” jelas Ageng.

Wakil Ketua Panitia Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 Waljiyanto menjelaskan kegiatan roadshow ini menjadi kesempatan besar untuk para calon peserta mendapatkan informasi dan mencari inspirasi sebanyak-banyaknya dalam mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Pertamina tersebut. “Innovation corner dihadirkan di setiap venue roadshow merupakan salah satu bentuk apresiasi Pertamina terhadap inovator muda atas hasil karya energi baru dan terbarukan mereka untuk Indonesia,” ucapnya.

Perwakilan dari dewan juri, Yoris sebastian memberi masukan tentang bagaimana mengekspresikan ide kreatif yang berujung pada inovasi. Yoris menjelaskan, kompetisi ini akan memacu generasi milenia dalam mengekspresikan ide-ide kreatif dan inovatif mereka seputar energi baru dan terbarukan. “Di samping itu, roadshow ini juga akan meningkatkan awareness mereka akan pentingnya energi alternatif,” ujar Yoris.

Pria yang dikenal sebagai creative expert ini menambahkan pentingnya kompetisi seperti ini mengingat krisis energi di Indonesia menjadi masalah besar di masa depan. Untuk mengantisipasinya, masyarakat diminta berpartisipasi merumuskan ide-ide kreatif yang mungkin bisa jadi solusi atas permasalahan energi.

Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 merupakan kompetisi seputar ide bisnis inovatif, terobosan produk dan teknologi seputar energi baru dan terbarukan, yang akan memberikan dampak positif terhadap sosial dan ekonomi bangsa.

Kompetisi Pertamina Ide Gila ini sudah berjalan sejak 15 Desember 2016 dan akan berakhir 5 Maret 2017. Setelah Surabaya, Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 roadshow akan digelar di Depok pada 21 Februari 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement