Rabu 15 Feb 2017 00:05 WIB

BRI dan PNM Kerja Sama Garap UMKM

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Nasabah melakukan tansaksi menggunakan mesin ATM Bank BRI di Jakarta, Senin (13/6)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Nasabah melakukan tansaksi menggunakan mesin ATM Bank BRI di Jakarta, Senin (13/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggandeng PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk penyediaan dan pemanfaatan jasa tabungan dan layanan e-banking BRI bagi nasabah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) PNM.

Perjanjian kerja sama itu ditandatangani oleh Wakil Direktur Utama BRI Sunarso dan Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Selasa, (14/2). Kerja sama ini merupakan salah satu wujud sinergi BUMN.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso menyatakan kerja sama ini merupakan wujud sinergi atas kesamaan core business antara BRI dengan PNM. Keduanya merupakan lembaga keuangan milik negara yang fokus pada pemberdayaan UMKM.

“Kerja sama ini terwujud untuk menjawab kebutuhan nasabah UMKM PNM. BRI akan menyediakan layanan perbankan yang lengkap dan terintegrasi," ujar Hari, melalui siaran pers, Selasa, (14/2).

 

Nasabah PNM yang telah memiliki rekening BritAma dapat langsung menggunakan rekening tersebut sebagai rekening penampungan pinjaman dan rekening sumber untuk transaksi cicilan pinjaman. Sedangkan bagi nasabah PNM yang belum memiliki rekening BritAma, pada saat tanda tangan perjanjian kredit akan langsung dibukakan rekening BritAma.

Rekening penampungan tersebut nantinya, selain bisa dimanfaatkan nasabah untuk membayar cicilan pinjaman. Dapat pula digunakan untuk bertransaksi melalui mobile banking BRI seperti transfer uang, pembelian pulsa, dan pembayaran lainnya.

Demi menarik minat nasabah UMKM PNM membuka rekening BritAma dan bertransaksi menggunakan mobile banking BRI. Perseroan telah membuat beberapa program menarik di antaranya, program akuisisi rekening dengan setoran awal Rp 100 ribu dan hadiah program direct gift senilai Rp 25 ribu dalam bentuk sembako.

Selain itu, juga terdapat program undian transaksi nasabah UMKM PNM, yakni setiap transaksi melalui Mobile Banking BRI akan mendapatkan poin. Poin tersebut akan diundi untuk mendapatkan hadiah antara lain Motor Honda Vario, Emas Batangan dan voucher belanja.

Melalui kemudahan akses layanan perbankan dari BRI kepada PNM, diharapkan dalam jangka panjang mampu menaikkan kelas para pelaku UMKM dengan memanfaatkan teknologi yang dimiliki oleh BRI. Sampai akhir Desember 2016, Bank BRI sendiri telah menyalurkan kredit ke sektor UMKM sebesar Rp 458,4 triliun atau sebesar 72 persen dari total penyaluran kredit BRI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement