Senin 06 Feb 2017 20:07 WIB

Menteri Luhut Ungkap Syarat Kompetensi Calon Dirut Pertamina

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
Logo Pertamina
Foto: Pertamina.com
Logo Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian BUMN dan Dewan Komisaris PT Pertamina tengah mencari sosok baru untuk duduk sebagai direktur utama PT Pertamina. Hal ini dilakukan setelah Direktur Utama (Dirut) dan Wakil Direktur Utama (Wadirut)‎ perusahaan negara tersebut dicopot dari jabatannya.

Menteri Koodinasi Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pihaknya akan menilai calon dirut Pertamina dengan kompetensi yang mereka miliki. "Salah satunya adalah mampu membuat PT Pertamina bisa lebih efisien dan produktif di tengah kompetisi global," kata Luhut di Istana Negara, Senin (6/2).

Menurutnya, calon dirut Pertamina ini pun belum bisa dipastikan apakah dari internal atau justru eksternal. Hal terpenting calon ini tetap memiliki kompetensi, artinya tidak menutup kemungkinan terdapat sosok pemimpin dari luar perusahaan yang akan memimpin Pertamina. Luhut pun tidak menyebut nama siapa saja yang akan diajukan untuk mengisi kursi tersebut.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan, pihaknya belum bisa memutuskan apakah Pertamina akan kembali memiliki wakil direktur utama. "Nanti lihat saja setelah waktu 30 hari," ujar Rini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement