Selasa 31 Jan 2017 18:47 WIB

Bank Indonesia Tunggu Kebijakan Fiskal Trump

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Indira Rezkisari
Presiden AS, Donald Trump
Foto: AP
Presiden AS, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank Indonesia masih menunggu penerapan kebijakan ekonomi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam 100 hari pertama kerjanya. Bank Indonesia memandang kebijakan fiskal AS yang ekspansif akan membawa kepada penguatan nilai tukar dolar AS. Meski ini akan menekan kurs rupiah, namun sisi positifnya harga-harga komoditas ekspor akan ikut melonjak seiring nilai tukar dolar AS yang naik.

Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Juda Agung menjelaskan, sepanjang kuartal ketiga hingga keempat tahun 2016 lalu saja harga komoditas batu bara sempat naik hingga 50 persen. Namun, pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah kenaikan harga komoditas ini akan berlangsung lama atau hanya sesaat.

"Ada yang mengatakan ini karena penurunan produksi batubara dari Cina yang kemudian Cina impor  dan harga naik," ujar Juda di Pullman, Selasa (31/1).

Juda menilai bahwa Cina saat ini sedang melakukan rebalancing ekonomi. Artinya, pertumbuhan ekonomi Cina akan lebih mengarah ke domestik. Sementara gencarnya investasi Cina di pasar domestik justru membuat mereka meningkatkan impor bahan bakar, salah satunya batubara.

Di sisi ekonomi global, tahun 2017 diprediksi akan mulai membaik. Pertumbuhan ekonomi global diprediksi akan tumbuh hingga 3,4 persen atau lebih tinggi dari tahun 2016 lalu sebesar 3,1 persen.

"Bila tahun lalu tahunnya konsolidasi fiskal, tahun ini tahun recovery," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement