Selasa 31 Jan 2017 03:53 WIB

Investor Cina Siap Masuk Toraja

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Budi Raharjo
Tongkonan di Toraja
Foto: ROL/Winda Destiana
Tongkonan di Toraja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan mengatakan, sejumlah investor asing mulai melirik potensi investasi hotel di Toraja. Investor Kanada dan Cina sudah ada yang tertarik untuk membangun lapangan golf dan hotel bertaraf internasional.

"Mereka baru lihat dulu dan inginnya buat di atas gunung, nanti di gunung ini kita bisa bikin 18 hole dan bisa lihat pemandangan laut dari ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut," ujar Kalatiku usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (30/1).

Menurut Kalatiku, ketertarikan investor asing ini muncul seiring dengan rencana pemerintah pusat untuk membangun pariwisata Toraja. Ia menjelaskan, saat ini di Kabupaten Toraja Utara memiliki 121 penginapan termasuk hotel berbintang dengan jumlah 1.022 kamar.

Kalatiku optimistis, apabila pariwisata Toraja dibangun dan fasilitas infrastrukturnya diperbaiki dengan sangat baik maka dapat meningkatkan jumlah kamar hotel menjadi dua kali lipat. Untuk mengembangkan pariwisata di Toraja tersebut, pemerintah pusat berencana merenovasi Bandara Pongtiku dan meneruskan pembangunan Bandara Bintu Kuni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement