Senin 16 Jan 2017 20:04 WIB

Upaya PT Pertamina (Persero) Mendidik Konsumen Lewat Peran Blogger

Suasana pesta blogger
Suasana pesta blogger

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Beredarnya sejumlah bahan bakar produk baru PT Pertamina (Persero) diikuti dengan upaya mendidik konsumen agar lebih cerdas dalam memilih bahan bakar yang sesuai kebutuhan. 

Upaya edukasi itu selain dilakukan melalui media massa, juga melibatkan kalangan penggiat media sosial atau blogger. Mereka sengaja dilibatkan dengan diberikan kesempatan mengonsumsi sejumlah produk baru Pertamina, seperti Pertalite, Dexlite, Pertamax Turbo."Respon cukup bagus, tidak hanya media massa tapi juga para blogger," kata Yudy Nugraha, Area Manager Communications and Relations Jawa Bagian Barat, Senin (16/1). 

Menurutnya sebagai bentuk apresiasi kepada para blogger, pihaknya menggelar lomba penulisan para blogger terkait produk Pertamina tersebut. "Mereka memiliki pengalaman pribadi dalam memakai produk itu dan disampaikan kepada masyarakat luas yang diperkuat informasi tambahan lainnya," kata Yudy. 

Menurut Yudy pihaknya bersama portal mobil123 menerima 200 tulisan yang dikirim para blogger dari berbagai wilayah di Indonesia sepanjang November hingga Desember 2016. Dari jumlah tersebut setelah diseleksi terpilih 130 karya untuk ditentukan tiga orang pemenang. 

Panitia menetapkan sejumlah kriteria bagi pemenang. Antara lain alur cerita yang menarik dan masuk akal, penulisan obyektif dan bergaya jurnalistik. Juara pertama mendapat hadiah Rp 10 juta, juara kedua Rp 8 juta dan ketiga Rp 5 juta. 

Kegiatan yang baru dilakukan kali pertama ini diakui masih banyak kekurangannya. "Kami ingin melibatkan kalangan lebih luas lagi, termasuk pemuda dan remaja SMA dengan hadiah lebih menarik," tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement