Rabu 28 Dec 2016 17:17 WIB

Alfamart Ajak Konsumen Bantu Anak Penderita Kanker

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih
Suasana di dalam toko Alfamart
Foto: dok: Alfamart
Suasana di dalam toko Alfamart

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama periode 1 sampai 31 Januari 2017, pengelola jaringan Alfamart Alfamidi, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), kembali mengajak konsumennya berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan bersama Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Konsumen bisa menyisihkan sebagian uang kembaliannya pada saat berbelanja di Alfamart. Donasi yang terhimpun akan disalurkan sepenuhnya pada YKAKI guna mendukung operasional empat rumah singgah anak kanker di wilayah Makassar, Pekanbaru, Semarang, dan Malang.

“Keempat rumah singgah tersebut, telah disediakan dari hasil donasi konsumen. Tahun ini, kami kembali bekerja sama dengan YKAKI, menggalang dana untuk kebutuhan operasional rumah singgah yang ada, serta membangun kembali rumah singgah di wilayah lainnya," kata Corporate Communication GM SAT, Nur Rachman, melalui siaran pers, Rabu (28/12).

Nur menjelaskan, rumah singgah dibangun untuk membantu meringankan beban biaya anak-anak penderita kanker serta keluarga pendamping yang tengah menjalani pengobatan rawat jalan maupun rawat inap di luar kota asalnya. Masing-masing rumah singgah biasanya berkapasitas 24 sampai 32 orang, yang terdiri dari pasien dan keluarga pendamping.

Keberaadan rumah singgah ini karena tidak semua rumah sakit di daerah menyediakan fasilitas pengobatan kanker pada anak, sehingga banyak diantara mereka harus menempuh jarak yang jauh untuk menjalani proses pengobatan.

Ketua yang juga Pendiri YKAKI, Ira Soelistyo menuturkan, peran perusahaan ritel yang memiliki jaringan yang luas seperti Alfamart sangat dibutuhkan untuk dapat menghimpun dana masyarakat sehingga pihak yayasan sosial seperti YKAKI dapat membantu anak-anak penderita kanker di berbagai daerah di Tanah Air.

Lokasi rumah singgah, sambungnya, dipilih berdasarkan ketersediaan serta kedekatan jarak dengan rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kanker pada anak di wilayah tersebut. Rumah singgah tersebut dibangun dengan konsep atmospher yang nyaman serta ramah bagi anak-anak, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat, menyenangkan, dan baik untuk mendukung kesembuhan anak-anak penderita kanker.

Rumah tersebut dilengkapi berbagai sarana dan prasarana mulai dari tempat tidur, lemari, televisi, perlengkapan masak, hingga tenaga pengajar dan tenaga pengurus harian. Selain itu juga disediakan fasilitas belajar, melalui program SekolahKu, sehingga selama masa pengobatan anak-anak bisa tetap bermain dan belajar. Pengadaan hingga operasionalnya, seluruhnya dikelola oleh pihak yayasan.

“Rumah singgah ini menjadi bukti, bahwa sekecil apapun yang kita berikan bisa bermanfaat besar bagi yang membutuhkan. Seperti halnya donasi konsumen yang nilainya kecil, tetapi jika dikumpulkan bisa membantu dan memberikan manfaat besar bagi anak-anak penderita kanker di Tanah Air,” ujar Ira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement