Selasa 27 Dec 2016 03:07 WIB

Penumpang di Stasiun Besar Kereta Api Medan Melonjak

Rep: Issha Harruma/ Red: Budi Raharjo
  Shiluet penumpang melintas membawa koper ketika menunggu kedatangan kereta api.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Shiluet penumpang melintas membawa koper ketika menunggu kedatangan kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jumlah penumpang kereta api yang melalui Stasiun Besar Kereta Api Medan mengalami peningkatan saat libur Natal dan Tahun Baru 2017. Lonjakan penumpang ini disebut akan terjadi hingga libur tahun baru usai.

Ratusan penumpang tampak memenuhi stasiun Medan mulai dari loket tiket, peron hingga pelataran stasiun. Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut-Aceh Joni Martinus mengatakan, lonjakan penumpang terlihat sejak tanggal 23 Desember 2016. "Dari tanggal 23, 24 dan 25 itu penumpang melonjak," kata Joni, Senin (26/12).

Joni mengatakan, puncak lonjakan penumpang terjadi pada H-1 Natal atau tanggal 24 Desember. Pada tanggal tersebut, ada 13.076 penumpang yang melakukan perjalanan melalui stasiun kereta api Medan.

Dibanding saat 2015, menurut Joni, jumlah penumpang pada libur Natal tahun ini meningkat hingga 20 persen.

"Bahkan, saat Natal, itu tetap meningkat sampai 12.600 penumpang," ujar dia.

PT KAI pun, kata Joni, sudah menyiapkan gerbong tambahan untuk melayani banyaknya penumpang ini. Gerbong tambahan ini akan melayani hingga libur Natal dan tahun baru 2017 usai. "Kami tidak menambah jumlah perjalanan tapi menambah gerbong. Ada enam gerbong bisnis dan tiga gerbong ekonomi," kata Joni. n Issha Harruma

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement