Senin 12 Dec 2016 17:25 WIB

Harga Daging Ayam Naik di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Pedagang daging ayam menunggu pembeli (ilustrasi)
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Pedagang daging ayam menunggu pembeli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Harga komoditas daging ayam di pasar tradisional Kabupaten Sukabumi mengalami kenaikan. Kondisi tersebut disebabkan meningkatnya permintaan menjelang akhir tahun.

Data yang dihimpun di Pasar Cisaat, Kecamatan Cisaat menyebutkan, harga daging ayam saat ini mencapai Rp 32 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya harga daging ayam di pasaran berkisar Rp 30 ribu per kilogram. "Daging ayam harganya tengah meningkat dibanding sebelumnya," terang salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Cisaat, Nurfalah (29 tahun) kepada wartawan Senin (12/12).

Fenomena ini terjadi dalam beberapa hari terakhir. Menurut Falah, kenaikan harga salah satunya dipicu oleh meningkatnya permintaan dari masyatakat. Sementara pasokan daging ayam ke pasaran tidak mengalami penambahan.

Ia mencontohkan dalam sehari saat ini bisa menjual sebanyak 30 ekor ayam. Sementara sebelumnya hanya 20 ekor ayam. Pedagang daging ayam lainnya Rahmat (26) menambahkan, kenaikan harga daging ayam diperkirakan hingga awal Januari 2017 mendatang. "Biasanya memang terus naik, karena pasokan tidak mengalami penambahan," imbuh dia.

Menurutnya, meskipun harga naik namun omzet penjualan belum mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan pada momen Maulid Nabi warga sangat membutuhkan untuk berbagai macam acara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement