Selasa 06 Dec 2016 03:47 WIB

Pemerintah Ajak Swasta Kembangkan Pelabuhan di NTB

Rencana pengembangan Pelabuhan Gilimas.
Foto: Dok/Pelindo III
Rencana pengembangan Pelabuhan Gilimas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan untuk pengembangan empat pelabuhan di NTB, pemerintah akan mengajak swasta untuk masalah pendanaan.

Empat pelabuhan tersebut antara lain pelabuhan Dompu, Bima, Calabae, dan Gilimas. Empat pelabuhan tersebut ditargetkan selesai dikembangkan pada 2017 dan optimal di operasikan pada awal 2018. "Sekarang kita sepakat untuk privat sektor swasta dan pemerintah," ujar Luhut di Kemenko Maritim, Senin (5/12).

Luhut mengatakan jika empat pelabuhan tersebut bisa selesai maka logistik pangan akan jauh lebih baik. Banyaknya potensi pangan di NTB dinilai bisa memasok kebutuhan pangan di daerah lain. Namun mengantisipasi harga yang tinggi karena biaya logistik yang mahal maka pemerintah membuat skema konektivitas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan ke NTB bulan lalu mengatakan sebanyak 94 persen pergerakan logistik didominasi jalur darat. Menghadapi hal tersebut, Budi ingin adanya perubahan dengan mengalihkan pergerakan logistik menjadi melalui jalur laut yang dinilai lebih menghemat biaya.

Kendaraan angkutan logistik dari Banyuwangi menuju wilayah NTT melalui Pelabuhan Penyeberangan Lembar yang menghubungkan Lombok menuju Padang Bay Bali merupakan pintu keluar-masuk barang dan orang di NTB dan selanjutnya menuju NTT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement