Senin 05 Dec 2016 17:35 WIB

Harga Cabai di Bandung Bertahan Tinggi Tiga Pekan

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Nur Aini
 Pegadang menata cabai, ilustrasi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pegadang menata cabai, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hargai cabai di Kota Bandung masih tinggi. Rata-rata harga cabai di pasar-pasar tradisional mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen dan Metrologi, Disperindag KUKM Kota Bandung Yusuf Ramdhani mengatakan kenaikan harga hingga cabai Rp 70 ribu per kg ini terpantau sudah selama tiga pekan. Padahal harga normal cabai di tingkat eceran seharusnya hanya Rp 30 ribu per kg.

"Pemantauan harga barang kebutuhan pokok di lima pasar tradisional rata-rata harga cabai masih tinggi yakni Rp 70 ribu per kg dan belum turun sejak tiga minggu lalu," kata Yusuf saat dihubungi Republika.co.id, Senin (5/12).

Ia menyebutkan harga cabai yang naik bukan hanya untuk jenis cabai rawit. Namun, harga cabai merah keriting dan tanjung  juga menembus Rp 70 ribu per kg. Pasokan yang minim dinilainya masih menjadi faktor utama melonjaknya harga cabai di pasaran. Hal ini dikarenakan faktor cuaca yang memasuki musim penghujan sehingga cabai lebih mudah busuk.

Yusuf menyebutkan pihaknya belum bisa memastikan hingga kapan harga cabai masih melambung. Hal ini mengingat musim hujan masih berlangsung bahkan hingga Februari tahun depan. "Belum bisa dipastikan sampai kapan karena faktor cuaca masih kurang mendukung," ujarnya.

Sementara itu harga kebutuhan pokok yang lain terpantau stabil. Di antaranya beras medium masih dijual Rp 9.500 per kg serta daging ayam ras Rp 36 ribu per kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement