Ahad 27 Nov 2016 23:45 WIB

Wow ! Harga Cabai Merah di Jambi Tembus Rp 100 Ribu per Kilogram

 Pedagang sedang mengatur dagangan cabai merah keriting di salah satu pasar tradisional, Jakarta, Senin (21\1).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pedagang sedang mengatur dagangan cabai merah keriting di salah satu pasar tradisional, Jakarta, Senin (21\1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Harga cabai merah keriting di pasar induk tradisional Angsoduo Kota Jambi, Minggu, tembus di harga Rp100.000 per kilogram atau naik dibandingkan dua hari sebelumnya.

"Harga cabai merah segar sekarang Rp100 ribu per kilogram atau naik dari dua hari sebelumnya yang harganya hanya Rp70 ribu per kilogram," kata Yen, salah seorang pedagang cabai di pasar Angsoduo.

Yen menyebutkan, harga cabai di pasar tersebut terus mengalami kenaikan sejak dua bulan terakhir dengan kisaran harga rata-rata diatas Rp50 ribu per kilogram.

Sementara di pasar tersebut ada juga cabai yang dihargai Rp 80 ribu per kilogram. Namun itu merupakan cabai yang kualitas terendah atau kurang segar. "Kalau yang bagus dan masih segar harganya Rp 100 ribu per kilogram," katanya.

Tingginya harga cabai tersebut membuat Yen dan pedagang lainnya hanya sedikit mengambil pasokan cabai dari gudang penampung, karena dikhwatirkan tidak habis dijual.?

"Pasar sepi, harga bahan pokok mahal, enggak berani saya jual banyak, ini saja setengah hari ini masih banyak," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Bina Usaha dan Distribusi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi M Zaini, menjelaskan bahwa melonjaknya harga cabai tersebut dikarenakan bekurangnya pasokan dari daerah penghasil. "Kami berharap harganya bisa segera turun, sehingga tidak memeberatkan masyarakat," kata Zaini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement