Selasa 22 Nov 2016 19:17 WIB

PLN Siap Pasok Listrik ke Seluruh Desa pada 2019

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nidia Zuraya
Logo PLN
Foto: pln.co.id
Logo PLN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) menyanggupi penugasan pemerintah untuk memasok kebutuhan listrik di seluruh desa di Indonesia pada 2019. Saat ini sekitar 2.500 desa belum mendapat pasokan listrik.

"Kalau PLN kan sudah kewajibannya, artinya iya" kata Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka kepada Republika, Selasa (22/11).

Ia menuturkan ada dua sisi yang terlihat dari pencanangan target tersebut. Pertama dari sisi PLN bisa meningkatkan jumlah pelanggan.

"Satu sisinya lagi dari pemerntah, bagi kita melakukan elektrifikasi ke daerah-daerah, khususnya daerah yg elektrifikasinya belum optimal," ujar Made menerangkan.

PLN menurut Made telah memiliki Program Listrik Desa dalam Rangka Indonesia terang. Program tersebut sejalan merealisasikan target yang ditetapkan.

Hingga 2019, kalau dilihat dari jumlah kepala keluarga (KK) masih ada 12.294 rumah tangga sasaran. Dari 2500 desa tersebut, 2.376 desa yang belum teraliri listrik berada di Papua.

PLN akan mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) untuk pembangkit listrik. Namun menurut Made, bisa tergantung dari sebaran lokasi dan potensi daerah yang dituju.

"Kita upayakan itu dulu (EBT), mungkin juga disana tenaga angin. Kita melihat sebaran penduduk berpencar, kita tetpaksa menggunakan tenaga diesel, fosil tetap digunakan, gas juga," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement