Selasa 22 Nov 2016 14:24 WIB

Mudahkan Nasabah Bertransaksi di Pasar Modal, BRI Gandeng Trimegah Securities

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Bank Rakyat Indonesia
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Bank Rakyat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan Trimegah Securities berkolaborasi untuk meningkatkan kecepatan dan kemudahan pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) di pasar modal Indonesia.

Adapun bentuk kolaborasinya yakni mengembangkan sistem pembukaan Single Identification (SID), Sub Rekening Efek (SRE), sampai dengan pembentukan RDN hanya dalam waktu 15 menit. Upaya ini dilakukan untuk terus meningkatkan layanan jasa sebagai Bank Administrator Rekening Dana Nasabah Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Hal tersebut dapat terwujud berkat kerjasama antara Perusahaan Efek dengan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) yang didukung oleh Regulator Pasar Modal.

“Launching ini menjadikan Bank BRI sebagai Bank Administrator RDN pertama di pasar modal Indonesia yang mampu memberikan layanan pembukaan RDN secara cepat dan mudah serta menjadi sebuah lompatan besar dalam dunia pasar modal khususnya pembukaan SID, SRE, dan RDN yang selama ini terbentuk lebih dari 1 hari," ujar Wakil Direktur Utama Bank BRI Sunarso, di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (21/11).

Menurut Sunarso, sinergi antara Bank BRI dengan pasar modal khususnya terkait RDN telah dimulai sejak 2015, dimana Bank BRI telah dipercaya oleh KSEI sebagai Bank Administrator RDN.

“Dengan digitalisasi proses pembukaan RDN, Bank BRI yakin mampu mengembangkan dan memperbesar potensi Pasar Modal Indonesia, dikarenakan pada saat ini apabila proses pembukaan RDN tersebut hanya dijalankan dengan cara konvensional maka akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mendukung perkembangan jumlah investor di pasar modal," jelas Sunarso.

Peluncuran sistem opening account RDN tersebut juga merupakan upaya BRI dalam menyelaraskan bisnisnya dengan perkembangan pasar modal Indonesia. Penyediaan infrastruktur termasuk sistem yang mendukung kecepatan dan kemudahan pembukaan RDN menjadi spirit utama Bank BRI dalam meningkatkan inklusi masyarakat untuk menjadi investor pasar modal.

"Terobosan ini merupakan wujud nyata Bank BRI dalam menjalankan fungsi keuangan inklusif yang terarah dan terukur, sehingga dapat menumbuhkembangkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan keuangan, terutama pasar modal,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement