Selasa 08 Nov 2016 17:08 WIB

Harga Cabai Merah Dumai Sentuh Rp 100 Ribu per Kilo

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Andi Nur Aminah
Cabai merah
Foto: Antara
Cabai merah

REPUBLIKA.CO.ID, DUMAI -- Harga beberapa komoditas hortikultura tengah mengalami kenaikan. Salah satu yang mengalami lonjakan tertinggi adalah cabai merah.

Irfan Lubis (24 tahun), salah satu warga Dumai, Riau mengatakan, harga cabai merah saat ini dibanderol Rp 100 ribu per kilogram. "Biasanya cabai merah Rp 80 ribu per kilogram," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (8/11).

Harga tersebut nyaris menyentuh harga daging yang di jual Rp 130 ribu per kilogram di kawasan tersebut. Masih di Dumai, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai rawit yang mengalami kenaikan sebesar Rp 10 ribu per kilogram dari harga normal Rp 50 ribu per kilogram.

Sementara itu Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono mengatakan, kenaikan harga bukan karena minimnya jumlah produksi. Berdasarkan data yang diberikan, ketersediaan cabai merah pada November sebesar 91.270 ton dengan kebutuhan 75.761 ton.

Ketersediaan cabai rawit bulan ini yang sebesar 68.816 ton dirasa masih cukup untuk memenuhi kebutuhan akan cabai rawit sebanyak 54.346 ton. Lonjakan harga diakuinya dipengaruhi curah hujan yang tinggi. "Tapi bukan dengan produksi," ujarnya.

Dengan adanya curah hujan yang tinggi, Spudnik mengakui berpengaruh pada transportasi yang membuat pedagang menaikkan harga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement