Kamis 03 Nov 2016 19:07 WIB

Proyek Kemenhub Rp 15 Triliun Dilelang Tahun Ini

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Republika/ Maman Sudiaman
Menhub Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan beberapa proyek dengan nilai total Rp 15 triliun APBN 2017 dilelang akhir tahun ini. Budi mengatakan langkah ini merujuk pada instruksi Presiden yang meminta Kementerian Lembaga untuk segera melakukan lelang sebelum Januari 2017.

Budi mengatakan proyek tersebut antara lain pengembangan dan pembangunan bandara di daerah terpencil dan pengembangan pelabuhan serta penambahan jalur kereta api. Pekerjaan yang sudah firm akan segera dilelangkan dengan batas waktu lelang hingga Desember 2016.

"Pertama kali kita akan lelangkan sebelum Januari itu. Prioritasnya sama lah, bandara jalan kereta api pelabuhan juga, jadi memag pekerjaan yang sudah firm akan kita lelangkan. Saya gak tau persis, kurang lebih 40 triliun, 15 triliun bisa dilakukan lelang," ujar Budi saat ditemui Republika.co.id di Forum BUMN, Kamis (3/11).

Budi mengatakan untuk menambah modal investasi pembangunan proyek transportasi di daerah, Kemenhub mengambil langkah untuk mengurangi biaya operasional pelabuhan dan bandara yang sudah ada sekarang. Langkah ini dinilai Budi efektif sehingga biaya yang semestinya dikeluarkan untuk pemeliharaan bisa dialihkan untuk pembangunan daerah terpencil.

Budi mengatakan ada sekitar lima bandara dan delapan pelabuhan yang sudah dikerjasamakan masing masing dengan Angkasa Pura dan Otoritas Pelabuhan dalam sisi operasionalnya. Dari masing masing pelabuhan tersebut diambil efisiensi sekitar Rp 50 miliar dan akan disubtitusikan ke pembangunan daerah terpencil.

"Sudah kita alihkan anggarannya. Ya, kita kan ada 30 titik, masing masing 50 miliar aja, berarti 1,5 triliun bisa kita hemat dan kita dorong ke tempat lain. Efisiensinya," ujar Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement