Jumat 28 Oct 2016 15:43 WIB

PT KAI Buka Rute Cirebon-Jember

Kereta api, ilustrasi
Kereta api, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (DAOP) III Cirebon, Jawa Barat, membuka rute baru, yaitu Cirebon-Jember mulai 1 November 2016 dengan tarif yang kompetitif.

"Kami akan membuka relasi baru, yaitu tujuan Cirebon-Jember PP pada awal 1 November mendatang," kata Manajer Humas Daop III Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Jumat (28/10).

Dibukanya trayek baru ini sangat memungkinkan membuka peluang bagi para pengusaha untuk memperluas jaringan usahanya. Kereta baru ini akan transit di beberapa kota, seperti Purwokerto, Yogya, Solo, Madiun, Surabaya, Probolinggo hingga Jember dan kota-kota transit lainnya pada perjalanan kereta api baru ini.

Ia menuturkan, untuk nama kereta baru ini, yaitu KA Ranggajati Ekspres. Pihaknya berharap kereta api ini menjadi moda transportasi massal yang menjadi pilihan terbaik masyarakat untuk melakukan perjalanan. "Nama Ranggajati itu adalah salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di dalam sejarah Cirebon, untuk itu KA Ranggajati Ekspres dipilih sebagai nama KA baru relasi Cirebon-Jember PP," katanya.

Kris menambahkan, berkembangnya perekonomian di kota Cirebon dan sekitarnya, tentu membutuhkan kemudahan transportasi publik untuk mobilitas masyarakat. Hal ini juga upaya mengangkat citra dan lebih mengenalkan Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata, kota bisnis dan mengenalkan Cirebon yang merupakan center Pulau Jawa (Grage).

KA Ranggajati Ekspres ini akan menempuh perjalanan kurang lebih 16 jam dengan membuka dua kelas pelayanan, yaitu kelas eksekutif (4 kereta) dan kelas bisnis (4 kereta). "Kami akan memberlakukan tarif promo untuk menarik minat calon penumpang. Tarif promo diberlakukan selama satu bulan di awal peluncurannya, mulai 1 sampai 30 November 2016," katanya.

Sementara itu, untuk tarif KA baru ini selama promo, yaitu pada Jarak kurang dari 310 kilometer (km) kelas eksekutif Rp 210 ribu, bisnis Rp 140 ribu. Untuk jarak tempuh 311-625 km untuk KA eksekutif dibandrol dengan tarif Rp 240 ribu, sedangkan yang bisnis Rp 160 ribu dan untuk jarak 625 km KA eksekutif Rp 300 ribu dan bisnis Rp 200 ribu.

"Untuk jadwal perjalanannya dari Cirebon jam 06.05 WIB sampai tujuan Jember jam 22.15 WIB, sementara berangkat dari Jember jam 05.00 WIB sampai Cirebon jam 20.35 WIB," katanya.

Dalam perjalanan dari Cirebon menuju Jember maupun sebaliknya, KA Ranggajati Ekspres akan melalui lintas Selatan dan berhenti di Stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul dan Jember.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement