Sabtu 22 Oct 2016 01:02 WIB

Bertahap Bank Turunkan Bunga Menyusul Penurunan BI Rate

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Suku bunga Bank Indonesia
Foto: IST
Suku bunga Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI 7 Day RR Rate) menjadi 4,75 persen. Penurunan suku bunga kebijakan yang keenam kalinya ini sejak awal tahun diharapkan bisa membuat perbankan menurunkan biaya dana bank dan tingkat suku bunga.

Direktur Utama Bukopin, Glen Glenardi mengatakan, dengan penurunan ini diharapkan akan diikuti oleh turunnya biaya dana bank (cost of fund) bank. Dikarenakan, ada ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas capping suku bunga deposito atau Dana Pihak Ketiga (DPK) juga turun.

"Namun demikian beberapa hal yang kita perlu cermati adalah likuiditas pasar dan rate benchmark yang tentunya akan sangat memengaruhi ke mana bunga akan bergerak," ujar Glen pada Republika, Jumat (21/10).

Di sisi lain, lanjut Glen, pengaruh pemenuhan ketentuan OJK untuk industri keuangan nonbank dalam kepemilikan SBN, tebusan pajak yang harus disetor ke rekening pajak di Bank Indonesia dan prediksi kenaikan suku bunga Amerika yang dapat berimbas terhadap capital outflow, juga bisa menjadi penghambat penurunan dari biaya dana perbankan. "Untuk bunga kredit kita harapkan juga bisa turun mengikuti penurunan dari cost of fund,"kata Glen.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement