Jumat 14 Oct 2016 10:03 WIB

Anhar: Tugas Pengusaha Muda Kelola SDA Indonesia

Guru Besar Universitas Indonesia Prof Anhar Gonggong
Guru Besar Universitas Indonesia Prof Anhar Gonggong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarawan Universitas Indonesia (UI) Anhar Gonggong menyatakan saat ini menjadi tugas pengusaha muda mengelola sumber daya alam (SDA) Indonesia. Tugas pengusaha muda adalah menjaganya dari penguasaan pihak asing.

"Menjadi kewajiban bagi para pengusaha-pengusaha muda untuk menjaga dan mengelola sumber daya alam Indonesia agar tidak dikuasai asing," katanya dalam rilis Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Jumat (14/10).

Anhar merupakan salah satu pembicara dalam acara pendidikan dan pelatihan nasional (Diklatnas) Hipmi Angkatan IV di Gedung Panca Gatra, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) pada 11 Oktober 2016. Dia memaparkan, Indonesia mengalami berbagai proses dalam membangsa dan terdapat perubahan-perubahan nilai sejak zaman kerajaan, zaman penjajahan Belanda,hingga saat ini.

Namun, Anhar menyayangkan meski Indonesia sudah merdeka dari penjajahan namun dirinya melihat kekayaan Indonesia yang melimpah tidak hentinya diincar oleh bangsa asing. "Perusahaan-perusahaan di dalam negeri juga banyak yang dikuasai oleh asing," katanya.

Ia berpendapat bahwa ada dua hal yang harus dibenahi agar krisis kebangsaan tidak berlangsung lama, yaitu birokrasi dan partai politik. Menurut dia, birokrasi di Indonesia dinilai buruk sehingga perlunya ada perubahan dalam mekanisme perekrutan dalam sejumlah instansi pemerintahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement