Rabu 12 Oct 2016 12:09 WIB

Harga Cabai di Padang Tembus Rp 60 Ribu

Cabai merah (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Cabai merah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Harga cabai merah di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 60 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 48 ribu. Lonjakan harga ini terjadi karena pasokan kurang.

"Kenaikan sudah mulai sejak beberapa hari terakhir, hari ini harga cabai merah tembus Rp60 ribu per kilogram," kata salah seorang pedagang Pasar Raya Padang, Izal (58) di Padang, Rabu (12/10).

Ia mengatakan tingginya harga cabai saat ini disebabkan kurangnya pasokan dari luar daerah. Rata-rata pasokan cabai, kata dia, berasal dari Jawa dan Medan, dengan harga yang sama yakni Rp60 ribu. Kemudian untuk bawang merah saat ini harganya masih stabil, yakni Rp24 ribu per kilogram.

Pedagang cabai merah lainnya di Pasar Raya Padang, Teti mengatakan hal senada yakni beberapa hari terakhir harga cabai merah terus merangkak naik.

Ia memprediksi, meningkatnya harga cabai tersebut selain karena pasokan kurang juga disebabkan oleh cuaca beberapa waktu terakhir yang cukup ekstrim mengakibatkan berkurangnya produksi cabai merah.

"Mungkin karena sering badai dan cuaca tidak menentu memperngaruhi tingkat produksi cabai," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli cabai merah di Pasar Raya Padang, Yulia Gustina (24) menyebutkan, meskipun harga cabai naik, masyarakat pasti tetap membelinya.

"Ini merupakan bahan pokok yang harus ada dan dibutuhkan," kata guru bimbingan belajar asal Kabupaten Agam tersebut.

Ia berharap ke depannya, pemerintah dapat mengontrol harga cabai, karena merupakan satu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement