Rabu 28 Sep 2016 11:41 WIB

RI Raup Rp 71,5 Miliar dari Pameran Tekstil di Prancis

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Pabrik tekstil di Indonesia (Ilustrasi)
Foto: KBRI Roma
Pabrik tekstil di Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Transaksi tekstil Indonesia moncer pada pameran Texworld 2016 yang berlangsung pada 12-15 September 2016 lalu di Paris, Prancis. Meraup total transaksi sebesar 5,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 71,5 miliar (kurs Rp 13.000).

Melihat hasil positif ini,‎ Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kementerian Perdagangan (Kemendag) Arlinda, optimis tekstil Indonesia masih kompetitif di pasar global. “Estimasi total kontak dagang mencapai 5,5 juta dolar AS. Nilai ini diperoleh dari delapan perusahaan yang difasilitasi Kemendag. Produk yang paling banyak diminati di antaranya polyester fabric, viscose ring yarn, cotton black dyed yarn, lace, print cotton, dan rayon yarn. Lebih dari 120 inquiry datang dari mitra dagang tetap Indonesia,” kata Arlinda melalui siaran pers, Rabu (28/9).

Dalam pameran tersebut, sebanyak 515 buyer dari 35 negara datang ke Paviliun Indonesia, antara lain Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, Argentina, dan Hungaria. Pameran ini pun berhasil menjadi sarana untuk mendapatkan akses ekspor ke pasar global produk tekstil karena dikunjungi oleh buyer dari seluruh dunia. 

“Merek busana tenar dunia seperti Polo Ralph Lauren dan The Apparell Group adalah salah satu dari sederetan buyer yang berminat dengan tekstil Indonesia. Tak hanya itu, buyer Turki juga memiliki minat yang tinggi untuk tekstil Indonesia sehingga berpeluang meningkatkan ekspor ke Turki,” tambah Arlinda.

Dia menurturkan, pameran Texworld Paris merupakan pameran produk tekstil terbesar, terlengkap dan telah dikenal dunia. Selain itu, Paris merupakan pusat mode dunia untuk para desainer internasional yang menampilkan tren terbaru. Texworld Paris tahun ini diikuti oleh 987 exhibitors dari 27 negara dan menampilkan zona peserta khusus yaitu elite exhibitor

‎Nilai ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia ke Prancis pada semester pertama 2016 mencapai 46,52 juta dolar AS. Prancis merupakan negara tujuan ekspor ke-8 Indonesia di kawasan Eropa. 

Posisi Indonesia masih dapat diperhitungkan sebagai negara penyuplai produk tekstil ke Prancis. Permintaan pasokan bahan baku pakaian atau tekstil ke Prancis pada 2015 cukup tinggi, yakni senilai 28,81 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement