Selasa 20 Sep 2016 13:41 WIB

CEO Facebook Sumbang Rp 3,7 Triliun untuk Amal

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg contoh sosok sukses di usia 20-an.
Foto: EPA
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg contoh sosok sukses di usia 20-an.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Facebook Mark Zuckerberg telah menjual saham Facebooknya yang senilai 285 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 3,7 triliun (kurs Rp 13.100) pada bulan lalu. Penjualan ini dilakukan sejalan dengan komitmennya memberikan 99 persen kekayannya untuk amal.

Dalam transaksi terakhirnya, Zuckerberg juga dilaporkan telah melepaskan sahamnya senilai 95 juta dollar Amerika pada 9 dan 12 September. Dilansir dari Forbes, penjualan itupun akan menambah dana segar sekitar 85 juta dollar Amerika, setelah dikurangi pajak keuntungan modal, bagi pundi-pundi Yayasan Chan Zuckerberg dan CZI Holdings LLC, dua lembaga yang didirikan oleh Zuckerberg dan istrinya pada tahun lalu untuk filantropi dan juga investasi.

CZI Holdings sendiri harus membayar pajak karena merupakan perseroan terbatas, bukan yayasan amal. Kedua pasangan ini menyatakan akan memberikan 99 persen saham Facebooknya untuk kegiatan sosial. Hal ini diumumkannya di sebuah postingan mereka di Facebook pada Desember lalu. 

Pada saat itu, jumlah kepemilikan saham mereka mencapai 45 miliar dollar Amerika. Zuckerberg pun sepertinya akan terus mengurangi saham Facebook-nya. Ia berencana untuk menjual atau menyumbangkannya hingga 1 miliar dollar Amerika dalam bentuk saham tiap tahunnya hingga 2018. 

Forbes pun memperkirakan harta kekayaan bersih Zuckerberg saat ini mencapai 54,9 miliar dollar Amerika. Jumlah harta kekayaannya ini membuat Zuckerberg menjadi orang terkaya kelima di dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement