Kamis 15 Sep 2016 08:40 WIB

Harga Logam Mulia Naik Dipicu Teknikal Rebound

Emas Batangan
Foto: REUTERS/Heinz-Peter Bader
Emas Batangan

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Rabu (14/9) atau Kamis (15/9) pagi WIB, karena perdagangan teknikal dan dolar AS yang melemah memberikan dukungan terhadap logam mulia.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 2,4 dolar AS, atau 0,18 persen, menjadi menetap di 1.326,1 dolar AS per ounce. Para pedagang mengambil keuntungan pada posisi jangka pendek mereka, memberikan dorongan bagi logam mulia naik kembali setelah jatuh selama empat sesi berturut-turut.

Analis percaya bahwa melemahnya dolar AS juga mendorong logam mulia naik, karena indeks dolar AS, yang mengukur indeks dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama, turun 0,33 persen menjadi 95,26 pada pukul 17.30 GMT.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar AS menjadi lebih murah bagi para investor. Logam mulia mendapat dukungan lebih lanjut ketika laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan harga-harga impor dan ekspor masing-masing menurun sebesar 0,2 persen dan 0,8 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement