Kamis 25 Aug 2016 02:00 WIB

Barata Indonesia Ekspor Komponen Kereta Api ke AS dan Meksiko

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Nidia Zuraya
Kereta api (ilustrasi)
Foto: Dok. Republika
Kereta api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  GRESIK -– PT Barata Indonesia (Persero) melakukan pengiriman ekspor komponen Kereta Api ke dua negara yaitu Amerika Serikat (AS) dan Meksiko pada Rabu (24/8).

Ekspor tersebut dalam dalam rangka pemenuhan kontrak jangka panjang (2011-2021) yang dilakukan oleh perusahaan yang berkantor pusat di Gresik Jawa Timur tersebut dengan perusahaan Standart Car Truck Company yang berkantor pusat di Illinois, AS. 

Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero), Silmy Karim, menyampaikan bahwa kedepan, penjualan ekspor akan terus ditingkatkan. Salah satunya dengan merehabilitasi dan meningkatkan kapasitas produksi pabrik PT Barata.

“Kami sedang dalam tahap persiapan akhir dalam rangka realisasi perencanaan investasi yang dibutuhkan untuk merevitalisasi pabrik PT Barata agar siap mendukung ekspor dan program-program yang sedang digalakkan oleh Pemerintah seperti infrastruktur pembangkit listrik, infrastruktur logistik pelabuhan, pembangunan dan perawatan pabrik-pabrik besar seperti gula, semen, dan juga termasuk fasilitas minyak dan gas Pertamina dan PGN,” ujar Silmy dalam keterangan pers tertulis kepada Republika.co.id, Kamis (25/8). 

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdiri tahun 1901 memiliki beberapa bidang usaha dimana salah satunya adalah dibidang casting (pengecoran logam) seperti komponen kereta api untuk kebutuhan domestik dan ekspor. Penjualan ekspor Barata per tahun sekitar 10 juta dolar AS atau sekitar 20 persen dari total penjualan.

Untuk memenuhi standart kualitas ekspor, Pabrik Pengecoran milik PT Barata telah memiliki sertifikat AAR (Association of America Railroads) sebagai syarat untuk bisa menembus pasar ekspor ke AS dan Kanada.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement