Jumat 19 Aug 2016 09:12 WIB

Kadin akan Petakan Potensi Keunggulan Daerah

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Perkasa Roeslani
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Perkasa Roeslani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Kadin Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani akan memetakan potensi unggulan suatu daerah agar dapat mempermudah penyaluran tenaga kerja. Ia mencontohkan Provinsi Jawa Barat terkenal dengan industri tekstil, maka tenaga kerja yang disalurkan harus memiliki kompetensi di bidang itu.

Selain itu, lanjut Rosan, Kadin juga akan menentukan jenis industri, sarana prasarana pembiayaan, teknologi, SDM, dan infrastruktur yang menunjang aktivitas industri.

"Di Bandung banyak industri tekstil. Industri unggulan di daerah itu adalah tekstil. Itu yang kami tingkatkan, SDM yang berhubungan dengan tekstil. Kami akan dorong agar lebih banyak menciptakan lapangan pekerjaan," katanya, Kamis (18/8).

Ia juga mengingatkan pemerintah agar serius menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya dengan sertifikasi internasional bagi para pekerja. Harapannya, hal itu dapat mempermudah SDM Indonesia untuk bersaing di ASEAN maupun di negara lain.

"Kadin sebagai mitra pemerintah siap berkontribusi mendorong pembukaan lapangan kerja, penciptaan wirausaha, dan SDM bersertifikasi internasional. Kadin akan bersinergi dengan pemerintah untuk merevitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) yang dimiliki Kementerian Perindustrian dan Kementerian Tenaga Kerja," kata Rosan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement