Selasa 09 Aug 2016 14:54 WIB

PGN dan PLN Tingkatkan Kapasitas untuk Dukung Asian Games

Pekerja menyambung pipa gas milik Perusahan Gas Negara (PGN) di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (20/6).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Pekerja menyambung pipa gas milik Perusahan Gas Negara (PGN) di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perusahaan Gas Negara (PGN) meningkatkan keandalan jaringan untuk menjamin ketersediaan gas saat perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Palembang. Area Head PGN Business Unit Gas Product Palembang Makmuri mengatakan, saat ini perusahaan membangun jaringan baru dengan diameter pipa lebih besar dari yang lama sejauh 4 km di pusat kota. Pipa yang dipasang ini berukuran 6 inci lebih besar dari pipa yang lama yakni hanya berdiamter 90 milimeter.

"Jaringan baru ini dibangun dari Jalan Jenderal Sudirman hingga ke Palembang Indah Mall karena di lokasi ini terdapat banyak hotel dan rumah sakit," kata Makmuri, Selasa (9/8).

Jaringan ini ditargetkan selesai pada September 2016 dan saat ini sudah menyelesaikan pekerjaan untuk penggalian pipa sejauh 2 km. Selain memastikan ketersediaan gas di pusat kota saat Asian Games, Sumsel sebagai tuan rumah juga meningkatkan kapasitas energi listrik. "Sebenarnya kebutuhan gas di lokasi ini sudah terpenuhi tapi jika bicara keandalan maka perlu penambahan agar saat ada gangguan bisa dialihkan," kata dia.

General Manager PLN Wilayah S2JB Budi Pangestu mengatakan Gardu Induk Jakabaring, Palembang, ditargetkan mulai beroperasi penuh pada Agustus 2016 setelah dilakukan penambahan daya dari 30 MVA menjadi 60 MVA. Penambahan daya ini bermaksud untuk memenuhi kebutuhan kawasan Jakabaring yang akan menjadi objek vital saat perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018.

"Terkait kebutuhan Asian Games, jika dinilai dari sisi pembangkit sudah cukup, yang masih dibutuhkan itu yakni penambahan Gardu Induk dan jalur transmisi," kata Budi disela-sela silaturahmi Lebaran.

Ia mengemukakan untuk itu, pemerintah bukan hanya akan menyiapkan GI Jakabairing tapi juga merencanakan penambahan empat lagi Gardu Induk untuk mendukung kebutuhan Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Empat Gardu Induk baru yang direncanakan itu akan berada di lokasi di Gandus, Kenten dan kawasan utara dan barat Kota Palembang sehingga kota ini mendapatkan tambahan lima Gardu Induk.

Tak hanya itu, untuk memaksimalkan keandalan listrik saat perhelatan olahraga yang bakal diikuti atlet dari 54 negara itu, PLN juga sedang mengerjakan Gardu Induk di Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin. "Jadi pasokan bukan dari Lahat dan Muaraenim saja, tapi juga ada dari Bayung Lincir," kata Budi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement