Ahad 07 Aug 2016 08:10 WIB

Desain Produk Jadi Kunci Daya Saing Ekspor

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
 Pengunjung melihat produk yang dipamerkan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 di Jakarta, Rabu (8/10).   (Republika/ Yasin Habibi)
Pengunjung melihat produk yang dipamerkan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 di Jakarta, Rabu (8/10). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan ekspor nonmigas, salah satunya melalui diversifikasi produk ekspor dan meningkatkan kualitas desain produk. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda optimistis upaya diversifikasi produk dapat dilakukan dengan memfasilitasi pendampingan desainer atau designer dispatch service (DDS), dan adaptasi produk.

"Diversifikasi produk melalui peningkatan kualitas dan nilai tambah mutlak dibutuhkan agar produk Indonesia dapat terus bersaing dan diterima pasar ekspor," ujar Arlinda, Ahad (7/8).

Arlinda menambahkan, desain produk menjadi salah satu kunci penting dalam membangun daya saing produk ekspor Indonesia dan untuk dapat memasuki pasar global. Dia mengimbau agar para desainer dan pelaku usaha bekerja sama menciptakan desain produk baru yang dapat memenuhi tren, serta selera pasar internasional.

Hasil dari program pendampingan desainer ini akan ditampilkan pada  Trade Expo Indonesia 2016  yang akan diselenggarakan pada 12-16 Oktober 2016 di JIExpo Jakarta. Menurut Arlinda, hal ini akan menjadi sarana tes pasar sekaligus promosi dengan memanfaatkan kehadiran para  buyers mancanegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement