Kamis 28 Jul 2016 17:34 WIB

Duet Sri Mulyani dan Darmin Jadi Harapan

Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan sambutannya saat serah terima jabatan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/7).  (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan sambutannya saat serah terima jabatan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyatakan hasil perombakan terbaru Kabinet Kerja oleh Presiden Joko Widodo menghasilkan tim ekonomi yang sangat kuat dan menimbulkan optimisme ke depannya.

"Tim ekonomi kali ini sebenarnya telah lama menjadi dambaan Hipmi. Di sana kita lihat ada duet (Menko Perekonomian) Darmin Nasution dan (Menteri Keuangan) Sri Mulyani, Hipmi apresiasi susunan kabinet baru ini," kata Ketua Badan Pengurus Pusat Hipmi Bahlil Lahadalia di Jakarta, Kamis.

Menurut Bahlil Lahadalia, penunjukan Sri Mulyani membuat tim ekonomi kabinet kerja Jokowi-JK menjadi sangat kuat. Hal itu terindikasi dari pasar yang telah merespons positif dengan kembalinya Sri Mulyani ke pemerintahan.

Bahlil optimistis dengan integritas, ketegasan dan profesionalisme seorang Sri Mulyani yang telah diakui dunia akan membangkitkan ekonomi nasional yang masih melambat.

Meski demikian, Bahlil mengingatkan tugas terberat Menkeu baru adalah menyukseskan program pengampunan pajak atau tax amnesty. "Ini ujian terberat pertama bagi Menkeu, agar bagaimana program ini mengalami suskes besar," katanya.

Dia berpendapat bahwa dengan integritas dan ketegasan Sri Mulyani dapat membuat pemilik aset di luar negeri mau memanfaatkan program ini.

Selain itu, ujian terberat lainnya bagaimana Menkeu mendorong pertumbuhan ekonomi lebih kencang lagi di tengah melemahnya permintaan global.

Baca juga, Intruksi Pertama Menteri Sri Mulyani.

Untuk itu, Hipmi meminta agar Menkeu Sri Mulyani juga memperkuat serapan anggaran namun yang berkualitas dan fokus untuk memperkuat pasar konsumsi dalam negeri.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan tim ekonomi hasil perombakan kabinet Presiden Joko Widodo saat ini sudah diisi "pemain bintang" sehingga seharusnya bisa memperbaiki kondisi perekonomian bangsa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement