Selasa 26 Jul 2016 10:03 WIB

Hipmi Minta Bekraf Wadahi Pengusaha Pemula

Rep: RR Laeny Sulistyawati / Red: Nidia Zuraya
Badan Ekonomi Kreatif Indonesia
Foto: Wikipedia
Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mendorong Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mewadahi pengusaha pemula. Ketua BPP Hipmi Bidang Organisasi, Anggawira menyatakan bahwa Hipmi ingin mendorong Bekraf agar dapat memperbaiki realisasi penyerapan anggaran dengan mendukung pengusaha pemula di Indonesia.

“Hipmi akan berupaya untuk mendorong Bekraf dalam penyerapan anggaran dengan cara meningkatkan jumlah pengusaha pemula yang bergerak dibidang ekonomi kreatif, dengan mengadakan program pemberian dana, dan dukungan untuk pengusaha yang bergelut dibidang usaha mikro kecil menengah (UMKM),” ujar Anggawira di Jakarta, Senin (25/7).

Langkah ini, kata Anggawira, dinilai akan memberi hasil yang efektif bila dilakukan secara konsisten dan kontinu. Karena, lanut dia, untuk memperbaiki serapan anggaran yang hanya sebesar 5 persen ini tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan memerlukan serangkaian proses, dan dibutuhkan kerja sama yang kuat antarlembaga. 

Menurutnya, Hipmi kini sudah menyiapkan beberapa program digital untuk dikembangkan dengan beberapa pemangku kepentingan lainnya. Pihaknya mengaku sudah menyiapkan beberapa start up yang kompeten dan dirasa akan bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi.

''Misalnya, kami sedang siapkan platform pariwisata untuk menarik minat wisatawan asing ke Indonesia. Nah ini yang harus didukung oleh Bekraf agar bisa menjadi sumber devisa negara,'' katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement