REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semen Gresik meluncurkan Bussiness Kit untuk para mitra penjualannya dalam acara Bussiness Gathering Semen Gresik 2016 Area DKI Jakarta. Meliputi Jakarta, Bogor, Cilegon, Depok, dan Serang di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang, Ahad (17/6).
Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin mengatakan, Bussiness Kit merupakan salah satu strategi Semen Gresik untuk ikut meningkatkan kompetensi mitra penjualan.
Bussiness Kit dibagikan secara cuma-cuma kepada seluruh mitra penjualan yang hadir dalam acara ini, mulai dari distributor hingga toko-toko. Dalam Bussiness Kit Semen Gresik berisi tiga buah buku panduan dan satu CD tentang manajerial, pemasaran, dan motivasi bisnis yang ditulis tiga pelatih seperti Rhenald Kasali, Tung Desem Waringin, dan Hermawan Kertajaya.
"Saat ini hubungan perusahaan dengan mitra penjualan tidak sebatas transaksional, tapi juga ikut memberdayakan mitra penjualan untuk sama-sama meraih kesuksesan," ujarnya di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang, Ahad (17/6).
Semen Gresik, lanjutnya, ingin berpartisipasi dalam memberdayakan mitra penjualan lewat peningkatan kompetensi, salah satunya dengan memberikan Bussiness Kit.
Bussiness Gathering tahun ini dikemas berbeda dan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kehadiran penyanyi Afgan menambah semarak acara yang dihadiri sekitar 1.500 orang tersebut.
Republika.co.id melihat para mitra penjualan begitu antusias mengikuti acara tersebut, dengan membawa keluarga dan anak-anak.
Saifudin menambahkan, perusahaan selalu menelusuri apa yang menjadi kebutuhan distributor dan toko, salah satunya bekal dalam berbisnis.
Semen Gresik juga menghadirkan Tung Desem Waringin yang dikenal sebagai tokoh Inspiratif Indonesia untuk memberikan motivasi kepada mitra penjualan dalam sesi Bussiness Inspiration. Sedangkan, dua tokoh lainnya, Rhenald Kasali dan Hermawan Kertajaya membagikan inspirasinya melalui sambungan video yang disiarkan guna memberikan semangat bagi mitra penjualan dalam berbisnis.
Saifudin mengatakan, program ini juga sebagai apresiasi dan untuk menjaga loyalitas seluruh mitra penjualan serta salah satu upaya untuk memperkuat jaringan pemasaran. "Kami berharap program ini dapat memacu dan meningkatkan kontribusi pemilik toko yang merupakan mitra utama," lanjutnya.
Bicara pencapaian, penjualan Semen Gresik area DKI Jakarta periode Januari hingga Juni tahun ini berhasil mencapai 243.140 ton dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 10 persen. Sedangkan untuk penguasaan pasar Banten mencapai 20 persen. Saifudin menilai, pencapaian tersebut merupakan hal yang baik di tengah ketatnya persaingan pasar semen di Tanah Air.