Sabtu 18 Jun 2016 03:44 WIB

Kembangkan Pasar eCommerce, ACI Worldwide Gandeng Indopay

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
Pengunjung mengunjungi stand pameran saat Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2016 di ICE BSD, Banten, Rabu (27/4). (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Pengunjung mengunjungi stand pameran saat Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2016 di ICE BSD, Banten, Rabu (27/4). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ACI Worldwide, perusahaan penyedia jasa pembayaran elektronik real time dan solusi perbankan dan PT Indopay Merchant Services (Indopay) bekerja sama menghadirkan UP eCommerce Payments solution. Produk ini merupakan solusi ACI sebagai penetrasi baru dalam rangka memperluas bisnis Indopay di pasar e-commerce Indonesia dan Asia.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan Jumat (17/06) di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta. CEO Indopay Darwin Sariaatmadja menjelaskan, pasar e-commerce di Indonesia saat ini adalah pasar kedua terbesar di Asia. Dia juga menyebutkan menurut perkiraan para pengamat, pasar Indonesia akan terus bertumbuh 33 persen per tahun.

"Pasar e-commerce dunia yang sangat menggiurkan memberikan peluang bagi merchant meraup pendapatan yang sangat menguntungkan. Tapi, hambatan utama saat ini adalah keterbatasan untuk mengaplikasi metode pembayaran lokal dan proses pembayaran transaksi lintas negara," ujar Darwin.

Melalui platform Indopay, pelaku pasar e-commerce dalam negeri dapat dengan cepat memperluas transaksi dari mana pun di dunia. Semuanya melalui jaringan global ACI Worldwide yang terhubung dengan lebih dari 350 metode pembayaran pada lebih dari 160 negara, dengan total transaksi sekitar 14 trilun dolar AS setiap hari. Sistem pembayaran tersebut didukung pula oleh kemampuan pencegahan penipuan global yang handal.

Dia mengatakan ACI dan PT Abhimata Persada telah lama bekerja sama dalam menyediakan pembayaran elektronik dan solusi pencegahan penipuan bagi bank dan merchant di seluruh Indonesia. "Saat ini, melalui kolaborasi antara Indopay dan ACI, kami akan menghadirkan proses pembayaran e-commerce kelas dunia untuk merchant di Indonesia agar dapat mengambil keuntungan dari pesatnya pertumbuhan belanja online dan mobile," kata Darwin.

Pembayaran alternatif yang fleksibel, Darwin mengatakan seperti UP eCommerce Payments solution terbukti bisa mengkonversi pembeli online menjadi pelanggan. Apalagi pengaplikasiannya sangat sederhana dan aman bagi para merchant dan penyedia jasa pembayaran (Payment Service Providers – PSP) seperti Indopay.

General Manager-ASEAN & North Asia, ACI Worldwide, Leslie Choo menambahkan, dengan tingginya tuntutan konsumen saat ini, maka para merchant dituntut untuk memberikan pengalaman pelanggan yang optimal. "Agar dapat berhasil dalam kondisi pasar yang semakin menantang, para pelaku pasar harus menjadikan proses pembayaran sebagai suatu bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman berbelanja. UP e-Commerce Payments membuat setiap transaksi e-commerce menjadi sederhana, global, dan aman," ujar Leslie Choo.

Solusi UP e-Commerce Payments membuka kesempatan bagi pelaku e-commerce seperti merchants dan Payment Service Providers – PSP untuk meraup peluang pasar e-commerce global yang mencapai lebih dari USD 2.2 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement