Rabu 15 Jun 2016 19:03 WIB

BJB Siapkan Rp 6,7 Triliun Hingga Libur Ramadhan

Ahmad Irfan
Ahmad Irfan

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menyiapkan likuiditas atau dana sebesar Rp6,7 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan dana selama Ramadhan dan hari libur Idul Fitri.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan dari jumlah dana tersebut, sebanyak 62 persen akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek dan Bandung serta sejumlah kota tujuan mudik.

"Tak hanya di Jawa, pelayanan ATM Lebaran juga dilakukan di sejumlah kantor cabang luar Jawa, seperti Kepulauan Riau, Bali, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi," kata Irfan pada Media Gathering Ramadhan di Jakarta, Rabu.

Irfan menjelaskan dana yang disalurkan di luar Jabodetabek mencakup wilayah Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Semarang, Serang, Surabaya dan Surakarta (Solo).

Menurut data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat, persediaan uang kartal pada Ramadhan tahun ini telah dipersiapkan senilai Rp16,47 triliun atau naik sebesar 14,1 dibanding tahun lalu sebesar Rp14,44 triliun.

Hal ini dipicu oleh peningkatan kebutuhan untuk pembayaran gaji ke-13 PNS dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk karyawan pada Ramadhan dan Lebaran.

Sementara itu, dana yang disiapkan menghadapi libur lebaran tahun ini meningkat 8 persen dibandingkan alokasi yang disiapkan pada musim lebaran tahun lalu.

Untuk menyesuaikan layanan pada libur bersama Lebaran, Bank BJB pun membuka layanan bank akhir pekan "weekend banking" yang beroperasi pada 2-3 Juli 2016 serta 9-10 Juli 2016 dan layanan non operasional kantor melalui jaringan internet, seperti ATM 24 jam, "internet banking" dan "sms banking".

Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Hakim Putratama mengatakan layanan menjelang libur lebaran didukung oleh jaringan 1.202 ATM Bank BJB di wilayah strategis Indonesia serta seluruh jaringan ATM Bersama dan Jaringan PRIMA yang mencapai puluhan ribu.

BI yang menggandeng beberapa bank, termasuk Bank BJB menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan mulai 13-24 Juni 2016 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya di Lapangan IRTI Monas.

Untuk wilayah Bandung dan sekitarnya, penukaran UPK dimulai pada 20-30 Juni 2016 di sejumlah tempat, seperti Lapangan Gasibu dan Tegalega serta Alun-alun Kota Bandung, Ujungberung dan Cimahi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement