Senin 06 Jun 2016 06:23 WIB

Bank Sumut Upayakan CAR 15 Persen

bank sumut
Foto: antara
bank sumut

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manajemen Bank Sumut menargetkan bisa meningkatkan rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) pada tahun 2016 menjadi 15 persen dari tahun lalu 14 persen.

Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto mengatakan, salah satu strategi untuk meningkatkaan CAR adalah melalui penambahan modal dari pemegang saham. "Diharapkan CAR Bank Sumut 2016 bisa 15 persen. Walaupun angka itu masih di bawah rata-rata CAR BPD (Bank Pembangunan Daerah) yang sudaah mencapai di atas 21 persen," katanya di Medan, Ahad (5/6).

Menurut dia, dengan semakin tingginya CAR, Bank Sumut bisa terhindar dari kerugian dan semakin leluasa untuk mengembangkan usaha. Dia menyebutkan, bupati/wali kota sudah sepakat menambah modal ke Bank Sumut. 

"Tetapi tentunya harus mendapat pengesahan terlebih dahulu dari DPRD masing-masing kabupaten/kota," ujar Edia. Namun, Edie tidak merinci berapa besaran suntikan dana dari pemegang saham dengan dalih belum ada keputusan tetap.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuagan (OJK) Regional 5 Sumatera Ahmad Soekro Tratmono mengungkapkan, kecukupan modal Bank Sumut harus menjadi hal penting yang perlu dilihat oleh direksi dan pemegang saham. "Modal adalah kekuatan bank," katanya.

Dia mengakui, rasio kecukupan modal Bank Sumut masih jauh di bawah rata-rata BPD nasional yang mencapai 22,45 persen. "OJK sudah meminta manajemen Bank Sumut meningkatkan CAR agar bisa eksis atau menjadi bank kebanggaan," katanya.

Dia menjelaskan, rasio permodalan menunjukkan kemampuan bank dalam menyediakan dana untuk keperluan pengembangan usaha serta menampung kemungkinan risiko kerugian yang diakibatkan dalam operasional bank.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement