Ahad 05 Jun 2016 11:06 WIB

Kementan Jual 40 Ton Daging Sapi Rp 80 Ribu per Kg di Jakarta

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
Aktivitas pegadang daging sapi di Pasar Senen, Jakarta, Senin (30/5).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Aktivitas pegadang daging sapi di Pasar Senen, Jakarta, Senin (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 40 ton daging sapi tersedia untuk dijual dengan harga Rp 80 ribu per Kilogram (kg) di sejumlah titik kawasan Jakarta, Ahad (5/6). Penjual daging tersebut yakni Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan sejumlah perusahaan pemasok daging. Titik penjualan daging murah di antaranya Pasar Tanah Abang, Bendungan Hilir, Senopati, dan area Car Free Day (CFD) Jakarta.

"Kita menjual daging dan sejumlah bahan pangan lainnya dengan harga ideal," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Agung Hendriadi, Ahad (5/6). Harga ideal yang ia maksud yakni daging sapi Rp 80 ribu per kg, beras medium Rp 7.500 per kg, bawang merah Rp 25 ribu per kg, gula pasir Rp 12.500 per kg, minyak goreng Rp 9.000 per kg, dan daging ayam Rp 25-30 ribu per ekor.

Agung mengatakan jumlah barang jualan yang disiapkan masing-masing untuk beras sebanyak 16 ton, bawang merah 3-4 ton, gula pasir dua ton, minyak goreng 800 liter, dan daging ayam 2.000 ekor. Pasokan pangan bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), perusahaan ayam ras, Karta Graha, dan Berdikari.

Ia optimistis, penggelontoran pangan tersebut akan mampu menurunkan harga pangan agar ideal secara efektif. Seperti diketahui, saat ini harga pangan tinggi jelang Ramadhan dan Idul Fitri. "Sekarang saja laku, daging sudah habis di CFD," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement