Ahad 22 May 2016 13:57 WIB

Produk Kecantikan Indonesia Raup Untung di Malaysia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Produk kecantikan (ilustrasi)
Foto: sheknows.com
Produk kecantikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR -- Atase Perdagangan Malaysia Fajarini Puntodewi mengatakan, produk kosmetik Indonesia berhasil meraup Rp 1,8 miliar dalam pameran International Beauty Expo (IBE) 2016 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Capaian ini naik 12,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan dominasi pembeli dari Australia, Pakistan, India, Cina, dan Arab Saudi.

Menurut Puntodewi, keberhasilan ini harus menjadi catatan khusus bagi para pelaku usaha nasional untuk meningkatkan kualitas produknya. Sebab, ke depan sejumlah tantangan dan persaingan komoditas kecantikan sudah menunggu.

"Produk kecantikan Indonesia berpeluang besar untuk dikembangkan, di tengah persaingan ketat khususnya dengan produk-produk bermerek internasional yang sudah ada cukup lama," ujar Puntodewi, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (22/5).

Saat ini Indonesia berada di urutan ke-7 sebagai negara pemasok produk kecantikan Malaysia, dengan pangsa pasar 5,54 persen setelah Thailand, Singapura, Cina, Amerika Serikat, Prancis, dan Korea Selatan. Berdasarkan data Department Statistic of Malaysia, ekspor Indonesia pada 2015 tercatat senilai 176,95 juta ringgit atau naik sebesar 19,26 persen dibandingkan 2014. Sementara itu, tren pertumbuhan rata-rata dalam tiga tahun terakhir sebesar 11,8 persen.

Puntodewi mengatakan, tren konsumsi Malaysia pada produk kecantikan semakin meningkat, tidak saja di kalangan wanita dewasa, tetapi telah berkembang ke konsumen remaja dan pria. Hal ini terjadi seiring meningkatnya kebutuhan untuk berpenampilan lebih menarik. Tren impor produk kecantikan di Malaysia dalam tiga tahun terakhir juga menunjukkan pertumbuhan rata-rata sebesar 8,24 persen per tahun. Sementara impor Malaysia pada 2015 sebesar 3,19 milliar ringgit naik 12,23 persen dibandingkan 2014.

"Kerja sama pemerintah dan pelaku usaha dalam melakukan pengembangan produk dan promosi secara bersama sangat penting untuk memajukan produk Indonesia di pasar internasional," kata Puntodewi.

Dalam pameran tersebut, Paviliun Indonesia mengusung 10 perusahaan dan bersaing ketat dengan paviliun Korea Selatan yang membawa 60 perusahaan. Produk Indonesia pada pameran IBE 2016 antara lain produk kecantikan dari Immortal, Mustika Ratu, Polka Cosmetics, dan Wardah Cosmetics. Sedangkan, produk-produk perawatan badan dan perlengkapan spa dari Cemara Ayu, Cocona Care, Theong Spa. Selain itu, ada pula produk tato temporer dari Lolitatto, produk bulu mata dibawa oleh Moza, dan klinik kecantikan Natasha Skincare.

IBE merupakan salah satu pameran produk kecantikan terbesar di Malaysia. Pada 2016 pameran tersebut diikuti oleh 400 exhibitor lokal dan internasional, serta dikunjungi sekitar 44 ribu buyer. Pameran ini juga diikuti peserta dari Cina, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement