Jumat 29 Apr 2016 14:37 WIB

Jasa Marga Antisipasi Kemacetan Libur Panjang Mei

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
Jasamarga
Foto: antara
Jasamarga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk lonjakan volume kendaraan di tol pada libur panjang 4-9 Mei 2016 akan mencapai 37,06 persen dari lalu lintas normal. Titik-titik kepadatan utamanya akan terjadi di sejumlah Gerbang Tol (GT) seperti GT Cikarang Utama arah Cikampek, GT Ciperna Utama arah Jawa Tengah, GT Cibubur Utama, dan GT Karang Tengah.

"Kalau pada hari biasa rata-rata kendaraan yang melintas sekitar 77.770 kendaraan per harinya, tapi pada puncak libur panjang awal bulan Mei ini diperkirakan akan mencapai 106.594 kendaraan," tutur Direktur Operasi Jasa Marga Christantio Prihambodo, di Jakarta, Jumat (29/4).

Oleh karena itu, sejumlah strategi mengurai kemacetan disiapkan jauh-jauh hari, di antaranya yakni memberikan pelayanan lalu lintas maksimal bekerja sama dengan kepolisian. Titik-titik perhatian yakni pada lokasi simpang susun Cikunir, Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat untuk ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Palikanci dan Purbaleunyi.

Jasa Marga juga menyiapkan petugas untuk memantau arus lalu lintas pada saat antrean panjang untuk ruas Jalan Tol Semarang dan Jalan Tol Semarang-Solo. Perusahaan bekerja sama dengan Polda Jawa Tengah dalam rencananya.

Pelayanan transaksi pembayaran tol, kata dia, telah dioptimalkan, di mana seluruh gardu operasi berfungsi optimal pada GT Cikarang Utama arah Cikampek, GT Ciperna Utama arah Jawa Tengah, GT Cibubur Utama, dan GT Karang Tengah.

"Saat antrian di GT Cikarang Utama dan GT Cibubur Utama akan diberlakukan pemberian Kartu Tanda Masuk Electronic (KTME) dan jemput kendaraan," tuturnya. Makanya ia mengimbau pengguna jasa untuk menggunakan E-Toll Card, mengisi bahan bakar yang cukup dan tidak perlu mengisi BBM di tempat istirahat dan menjaga kondisi badan.

Strategi lainnya yakni memberikan pelayanan konstruksi, misalnya menyiapkan satgas 24 jam untuk memastikan kondisi di jalan tol serta mengerahkan petugas kebersihan jalur dan sarana dan prasarana teknis. Tujuannya menjaga performace jalan tol selama arus mudik dan balik pada libur panjang awal Mei.

Selanjutnya, Jasa Marga juga memberikan pelayanan informasi terkini terkait jalan tol melalui Variable Message Sign. "Kita juga memanfaatkan penyampaian informasi melalui radio dan melalui twitter @PTJASAMARGA," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement