Jumat 29 Apr 2016 11:48 WIB

Pekanbaru Miliki Kampung UKM Digital Pertama

Bisnis Online
Foto: VOA
Bisnis Online

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, bekerjasama dengan PT. Telkom telah meluncurkan kampung Usaha Kecil Mikro (UKM) digital pertama. Kampung ini merupakan wilayah yang memiliki fasilitas daring untuk memajukan pemasaran produk industri kreatif.

"Ini kontribusi nyata pemerintah dan pelaku usaha dalam memberdayakan UKM," ucap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut, usai launching kampung UKM digital di Jl. Muhajirin gg. Guru blok 12, Pekanbaru, Jumat (29/4).

Ia mengatakan kampung UKM digital adalah suatu keharusan dan tuntutan zaman. UKM bisa maju dengan didukung teknologi digital.

"Dengan kerja sama Telkom ini maka akan mendukung kemajuan produk UKM, karena aspek promosi pemasaran dan publikasi serta serapan pasar akan bisa dilakukan melalui digital sehingga menjangkau lebih luas," katanya.

Kampung UKM digital ini sebut Ingot nantinya akan menjadi wadah bagi warga yang menghasilkan produk kerajinan di Jl. Muhajirin gg. Guru blok 12, Pekanbaru, untuk saling belajar dan membangun kemandirian.

"Produk UKM Gaharu dan Sialang kami lihat sudah bagus, dan pemasarannya akan lebih luas lagi jika mereka bisa memanfaatkan fasilitas digital ini," tambahnya.

General Manager Telkom Riau Daratan Mohammad ?Syibli, ditempat yang sama mengaku bahwa pemberian fasilitas teknologi bagi UKM ini merupakan program nasional untuk mendorong kemajuan industri kreatif.

Kerja sama ini menurutnya perlu dukungan berbagai elemen agar hasilnya maksimal, misalkan pelaku usaha, pemerintah, UKM dan media.

"Dengan kampung digital UKM mendapat kemudahan, difasilitasi pelatihan manageman, IT dan marketing, mereka juga belajar bisnis dengan jaringan," tambahnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement