Ahad 24 Apr 2016 22:29 WIB

Aqua Target Tambah 1,5 Juta Pohon

Penanaman pohon dalam rangka hari bumi.
Foto: Aqua
Penanaman pohon dalam rangka hari bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pohon sebagai pelindung bumi memiliki beragam fungsi. Pentingnya pohon menjadi tema Hari Bumi Sedunia tahun ini dengan menargetkan gerakan menanam hingga 7,8 milliar pohon untuk menyelamatkan bumi yang kian memanas.

Hal ini pula yang dilakukan Aqua Grup untuk memperingati hari bumi. Karyawan AQUA Grup bersama dengan pemangku kepentingan melakukan penanaman pohon di Hutan Konservasi seluas 1 ha di Desa Babakan Pari, Sukabumi untuk merayakan Hari Bumi 2016 yang bertema “Tree for Earth”.  

Tidak hanya menanam pohon, karyawan dan berbagai pemangku kepentingan tersebut belajar menanam pohon yang benar serta berbagai tips untuk merawatnya sehingga memiliki tingkat hidup yang tinggi dan dapat menyerap serta memasukkan air ke dalam tanah dengan optimal.  

Pada 2014, AQUA Grup menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melakukan program konservasi di wilayah yang telah ditentukan bersama.  Dengan MoU ini, AQUA Grup berkomitmen menambah 1,5 juta pohon sampai tahun 2021.

Direktur Pembangunan Berkelanjutan PT. Tirta Investama (Aqua Grup), Karyanto Wibowo mengatakan bahwa acara diselenggarakan sekaligus untuk membekali karyawan pengetahuan mengenai pohon.  “Karyawan adalah duta perusahaan yang diharapkan dapat menyebarkan nilai-nilai kebaikan bagi lingkungan," ujar Karyanto.

Menurut Karyanto, penanaman pohon yang telah dilakukan AQUA Grup adalah bagian dari program konservasi yang bertujuan menjaga kualitas dan kuantitas air. Dalam mengembangkan program konservasi, Aqua sebelumnya melakukan penelitian hidrologi dan hidrogeologi untuk menentukan letak daerah resapan dan tangkapan air serta jenis konservasi yang cocok bagi wilayah tersebut.  

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement