Rabu 20 Apr 2016 16:28 WIB

Insya Allah, Tahun Depan Setiap Desa Dapat Rp 1 Miliar

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nidia Zuraya
Infografis Mekanisme penyaluran dana desa
Foto: dok. Istimewa
Infografis Mekanisme penyaluran dana desa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menegaskan, pemerintah akan kembali menaikkan anggaran dana desa pada 2017. Porsi dana desa akan naik menjadi 10 persen dari transfer ke daerah.

Mardiasmo mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus menaikkan anggaran dana desa setiap tahunnya. Buktinya, porsi dana desa pada tahun ini telah naik menjadi enam persen dari dana transfer ke daerah atau sebesar Rp 46,9 triliun. Sedangkan, tahun lalu, dana desa dialokasikan Rp 20,7 triliun.

"Insya Allah, (dana desa) tahun depan akan dianggarkan 10 persen dari transfer ke daerah, itu berarti Rp 89 triliun. Kalau segitu, masing-masing desa bisa mendapat lebih dari Rp 1 miliar," kata Mardiasmo dalam acara Musrenbangnas 2016, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/4).

Karena itu, Mardiasmo berharap pemerintah daerah dapat memperkuat dan mengoptimalkan penggunaan dana desa di wilayahnya masing-masing. Pemerintah mengucurkan dana desa guna menciptakan lapangan pekerjaan dan juga mengurangi kemiskinan di desa.

"Kantong-kantong kemiskinan adanya di desa. Makanya, dana desa harus betul-betul bisa dioptimalkan," ujar dia. Pengoptimalan dana desa bisa dilakukan dengan memastikan bahwa setiap pembangunan infrastruktur melibatkan warga desa sehingga warga desa bisa mendapat pekerjaan dan penghasilan tambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement